Kompas.com - 25/09/2022, 10:27 WIB
|

KOMPAS.com - Jurusan Fisika FMIPA Universitas Jember (Unej) menggelar Kuliah Tamu dengan menghadirkan Siwi Peni, S.Si., M.M., selaku Direktur PT. Perkebunan Nusantara XII Jawa Timur, Jumat (16/9/2022).

Tema yang diangkat ialah “Quo Vadis lulusan Fisika ingin dan bisa kemana saja?” ini dilaksanakan dalam 2 sesi yakni sesi berbagi dan sesi pertanyaan.

“Quo Vadis” merupakan sebuah kalimat dari bahasa Latin yang diterjemahkan secara harfiah berati “kemana kau pergi?”.

Baca juga: Warek I Unej: Mahasiswa Harus Banyak Piknik

Tema ini diambil untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa dalam menentukan arah setelah menyelesaiakan studi di Fisika.

Dalam sesi berbagi, Siwi Peni menceritakan pengalamannya dalam meraih cita-cita hingga pada akhirnya dapat berdiri di titik saat ini.

"Cita-cita dan tujuan adalah hal yang sangat penting dalam meraih kesuksesan. Tanpa cita-cita dan tujuan yang jelas maka kesuksesan tidak akan dapat diraih," ujarnya dikutip dari laman Unej.

Pada kesempatan itu, Siwi juga bercerita bahwa saat kuliah ia ingin membeli kompor gas 4 tungku dan mesin cuci setelah lulus.

Baca juga: Ini Cerita Dokter Gigi Unej Raih Nilai Tertinggi UKMP2DG Se-Indonesia

Dari kenangan itu ternyata mampu mengantarkan dirinya berada di titik yang sekarang. Siwi Peni juga menceritakan berbagai kesulitan dan juga kegagalan dialami yang dijadikan cambuk untuk terus maju.

Karena itu, ia mengajak peserta kuliah tamu khususnya mahasiswa fisika untuk tidak terjebak dalam lingkungan pekerjaan fisika saja.

Hal itu bisa terlihat dalam bidang yang kini beliau geluti dengan notabene seorang lulusan fisika. "Lulusan fisika tidak hanya dapat bekerja dalam bidang fisika saja melainkan dalam berbagai bidang," tandasnya.

Dekan FMIPA UNEJ Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc, Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan agar seluruh peserta bisa menyimak dan meneladani sosok Siwi Peni yang menginspirasi.

"Ibu Siwi Peni menjadi contoh nyata bagaimana lulusan fisika dapat terus berkarir dalam lingkup yang luas," katanya.

Baca juga: Ini Cerita Mahasiswi Unej Jadi Laskar Rempah, Bisa Naik Kapal Latih TNI AL

Adapun acara diikuti oleh mahasiswa fisika dari berbagai angkatan dan juga dosen Jurusan Fisika FMIPA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.