Kompas.com - 29/07/2022, 10:52 WIB
|

KOMPAS.com - Dokter Gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember (Unej) drg. Afifah Rizki Fauziah meraih prestasi membanggakan.

Pasalnya, pada Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi Periode II tahun 2022, Afifah meraih nilai 97,5.

Nilai itu bahkan mengantarkannya mendapatkan predikat peserta dengan nilai tertinggi se-Indonesia. Afifah juga berhak untuk dikukuhkan sebagai dokter gigi.

Baca juga: Di TSG 2022, Menteri Airlangga: Mahasiswa Jadi Lokomotif Perubahan Berkelanjutan

Adapun pengukuhan telah dilaksanakan di Auditorium Universitas Jember yang dipimpin langsung Dekan FKG Unej, Sabtu (23/7/2022).

Melansir laman resmi Unej, Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) ini adalah sebagai syarat untuk lulus dan dikukuhkan sebagai Dokter Gigi.

Tak hanya itu saja, yang tidak kalah membanggakan adalah pada UKMP2DG periode II tahun 2022, peraih nilai tertinggi peringkat ke-2 juga diraih oleh peserta dari FKG Universitas Jember atas nama Hasna’ Fakhriyah Jinan dan Rismawati Tri Kalasworojati.

"Jadi sebelum dinyatakan sebagai Dokter Gigi maka kami harus memenuhi berbagai persyaratan ketika menjalani koas, setelah semua persyaratan di koas selesai maka baru boleh mendaftarkan Uji Kompetensi," terang drg. Afifah dikutip dari laman Unej.

Dikatakan ada dua ujiannya, yakni Ujian CBT (Computer Based Test) dan ujian praktek (Objective Structured Clinical Examination).

Ia menceritakan kesulitan yang dihadapi pada saat UKMP2DG adalah banyaknya materi yang harus dihafalkan, karena materi yang diujikan adalah materi mulai semester awal kuliah sampai dengan semester akhir.

Baca juga: Ini Cerita Mahasiswi Unej Jadi Laskar Rempah, Bisa Naik Kapal Latih TNI AL

"Materi Kedokteran gigi ini kan hafalan, maksudnya bukan yang hitung menghitung, banyak tulisan yang harus kami hafalkan sehingga perlu banyak latihan soal," jelasnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.