Kompas.com - 25/09/2022, 09:32 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini perkuliahan di semua perguruan tinggi sudah dilakukan secara tatap muka.

Hampir semua mahasiswa merasakan mengikuti kuliah pagi. Bagi yang terbiasa bangun pagi, hal itu bukan menjadi suatu kesulitan.

Namun bagi mahasiswa milenial yang suka begadang dan bangun siang, ikut kuliah pagi tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Lantas bagaimana agar mahasiswa bisa bangun pagi dan tidak terlambat mengikuti kuliah pagi?

Melansir dari laman Universitas Bandar Lampung, ada sejumlah tips yang bisa diterapkan mahasiswa agar bisa bangun pagi. Yuk simak tipsnya bersama.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika dan Kisaran Gajinya

Tips bangun pagi bagi mahasiswa milenial

1. Hindari begadang

Sebagai seorang mahasiswa tentu sudah tahu risiko dari perbuatannya. Jadi apabila esok hari ada jadwal kuliah pagi, sebaiknya mahasiswa tidak begadang.

Sebaiknya mahasiswa mulai tidur antara pukul 21.00 hingga 23.00. Sehingga kamu bisa tidur dengan waktu yang cukup dan siap memulai kuliah pagi tanpa terlambat.

2. Matikan lampu kamar agar tidur berkualitas

Agar bisa bangun pagi, mahasiswa perlu tidur yang berkualitas. Salah satu caranya dengan mematikan lampu dan listrik di kamar. Selain membuatmu tidur lebih nyenyak, kondisi kamar gelap juga mampu memicu hormon melatonin yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh lho.

3. Hindari makan berat sebelum tidur

Langsung tidur setelah makan akan menimbulkan banyak efek negatif bagi tubuh. Bahkan ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu sistem pencernaan bekerja ekstra saat sedang terlelap.

Hal ini menyebabkan tidur tidak bisa nyenyak atau bahkan hal ini akan membuat insomnia. Namun di sisi lain, tidur dalam keadaan lapar juga dapat membuat tubuh lemas saat bangun pagi. Solusi terbaik adalah jangan makan terlalu berat saat kamu hendak tidur. 

Baca juga: Kenapa Tahun Ajaran Baru Selalu Dimulai di Bulan Juli? Ini Alasannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.