Kompas.com - 24/09/2022, 16:07 WIB
|

KOMPAS.com - Di Indonesia, tahun ajaran baru selalu dimulai bulan Juli. Orangtua dan siswa biasanya akan disibukkan dengan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di bulan Juni hingga awal Juli. Khususnya bagi yang mencari sekolah negeri.

Tahun ajaran baru selalu dimulai bulan Juli ini ternyata ada sejarahnya lho. Dalam satu tahun ajaran baru akan berlangsung selama satu tahun ke depan.

Setelah menyelesaikan satu tahun ajaran baru, siswa yang dinyatakan mampu akan naik kelas ke tingkat lebih tinggi atau lulus dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Melansir dari laman BPK Penabur, dijelaskan alasan kenapa tahun ajaran baru selalu dimulai bulan Juli.

Baca juga: 8 Tugas Palang Merah Remaja PMR

Sejarah tahun ajaran baru

Sebelum tahun 1979, tahun ajaran baru di Indonesia selalu dimulai pada bulan Januari. Di era tersebut, anak-anak masuk sekolah pada awal Januari, tidak lama setelah tahun baru. Sementara tahun ajarannya selesai pada bulan Desember pada tahun yang sama.

Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menjabat saat itu, Daoed Joesoef yang menjabat selama periode waktu 1978-1983 melakukan banyak sekali kebijakan baru. Salah satunya terkait awal tahun ajaran baru.

Melalui Undang-undang Nomor 0211/U/1978, Daoed mengatur bahwa tahun baru yang awalnya dimulai pada bulan Januari harus mundur di bulan Juli.

Akibatnya, tahun ajaran 1978 yang saat itu seharusnya telah berakhir pada bulan Desember 1978, harus mundur hingga Juni 1979.

Tahun ajaran 1978-1979 kala itu juga tercatat sebagai tahun ajaran terpanjang dalam sejarah, yaitu selama 1,5 tahun.

Baca juga: Kenali Sejarah dan Tugas Patroli Keamanan Sekolah PKS

Alasan tahun ajaran baru dimulai bulan Juli

Berikut alasan Menteri Pendidikan Daoed Joesoef mengubah mulainya tahun ajaran baru di bulan Juli setiap tahun:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.