Kompas.com - 24/09/2022, 15:29 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu organ tubuh manusia yang cukup vital ialah ginjal. Sebab, selain berfungsi untuk pembuangan atau ekskresi, ginjal juga berperan dalam mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Jika fungsinya terganggu maka akan berdampak pada permasalahan kesehatan dan mengganggu fungsi organ tubuh yang lainnya. Salah satunya gagal ginjal.

Seseorang yang sudah mengalami gagal ginjal kronis, maka nantinya akan butuh banyak biaya untuk pengobatan. Tak sedikit waktu yang diperlukan untuk pengobatannya.

Baca juga: Penyebab Gagal Ginjal Kronik dan Cara Mencegahnya, Info Ners Unair

Menurut Dosen S1 Gizi Stikes Banyuwangi Alfian Abdul Rajab, S.Tr.Gz., M.Gz., penderita gagal ginjal kronis di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan diperkirakan meningkat sampai 10 persen setiap tahun.

Adapun terapi yang diberikan untuk penderita gagal ginjal kronis yaitu secara farmakologis melalui pemberian obat-obatan.

Selain itu ada terapi non farmakologis yakni melalui pemenuhan asupan gizi untuk membantu mempercepat pemulihan dan mencegah semakin parah kondisi ginjal kronis.

Tetapi, ada salah satu diet yang sedang naik daun atau banyak dibicarakan saat ini yaitu diet Plado.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk membuktikan efeknya dalam pengendalian gangguan fungsi ginjal dan sangat menarik untuk dibahas.

Apa itu diet Plado?

Dijelaskan bahwa asupan protein merupakan salah satu aspek yang penting dalam penentuan diet pada pasien gagal ginjal dimana masih terdapat kontroversi terkait penentuan jumlah dan jenis protein yang sesuai pada penderita gagal ginjal.

Diet Plado atau “plant-dominant low-protein diet” merupakan diet yang berfokus pada pemberian makanan rendah protein dan dominasi makanan yang berasal dari nabati atau tumbuh-tumbuhan.

Baca juga: Penyebab Gagal Ginjal, Info Stikes Citra Delima

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.