Kompas.com - 07/07/2022, 13:09 WIB
|

KOMPAS.com - Indonesia punya Jalur Rempah. Apakah mahasiswa sudah paham? Jalur Rempah adalah rute nenek moyang kita menjalin hubungan antarpulau, suku, dan bangsa.

Tentu dengan membawa rempah sebagai nilai untuk membangun persahabatan yang membentuk asimilasi budaya dan diplomasi di setiap pesinggahan. Jalur inilah yang akhirnya menghubungkan Nusantara dan dunia.

Untuk menggelorakan kembali kejayaan Jalur Rempah, maka Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek bekerjasama dengan TNI AL menggelar kegiatan Muhibah Jalur Rempah di sepanjang Juni 2022.

Baca juga: Begini Cerita Mahasiswi Unej yang Jadi Atlet Olahraga Petanque

Kegiatan Muhibah Jalur Rempah diwujudkan dengan napak tilas Jalur Rempah oleh para Laskar Rempah dengan cara mengarungi lautan menggunakan kapal latih TNI AL, KRI Dewaruci.

Dari ribuan anak muda Indonesia yang melamar menjadi Laskar Rempah, terpilih Avina Nakita Octavia, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej).

Bisa naik kapal latih TNI AL

Menurut Avina, ini menjadi pengalaman berharga karena dapat tergabung dalam Muhibah Jalur Rempah, banyak pengalaman baru yang dia peroleh.

"Sebab walaupun berasal dari Kepulauan Riau yang tak asing dengan laut, namun baru kali ini saya berlayar menggunakan kapal latih TNI AL," ujarnya dikutip dari laman Unej, Rabu (22/6/2022).

Avina saat menceritakan pengalamannya ikut tahapan pertama dari empat tahapan yang ada, yakni berlayar dari Pangkalan Angkatan Laut Surabaya menuju pelabuhan Makassar dari 1-4 Juni 2022.

Tak hanya itu saja, mahasiswi angkatan 2019 itu juga didapuk jadi sekretaris Laskar Rempah tahapan pertama yang dikenal sebagai Pelayaran Lada.

Baca juga: Mahasiswa Unej Inovasi Biogas dari Kotoran Sapi

Tugas utama Avina sebagai sekertaris adalah mencatat dan mendokumentasikan kegiatan selama pelayaran dalam buku besar Jalur Rempah. Ada banyak kegiatan yang harus dia catat yang terangkum dalam lima program.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.