Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswi UNS Juara II Balap Rally Kejurda Jabar

Kompas.com - 27/06/2022, 19:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini punya prestasi yang membanggakan. Bukan juara di bidang akademik, tetapi Qanita Syahshiyah meraih juara II di ajang balap rally.

Mahasiswi Prodi Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) UNS ini juara II kelas F1 pada perlombaan Stage Park Sprint Rally Kejuaraan Daerah (Kejurda) Jawa Barat Sprint Rally Putaran 1, 18-19 Juni 2022.

Tapi, dia tak sendiri ketika menggeber mobilnya. Dia memenangkan perlombaan itu bersama kakakbya Tyara Rally Athiyyah Nabila. Ia sendiri menjadi driver untuk yang kedua bersama sang kakak.

Baca juga: 4 Tips Pilih Jurusan Kuliah dari Psikolog UNS

Melansir laman UNS, Senin (27/6/2022), Qanita baru berangkat dari Solo pada Kamis malam (16/6/2022). Padahal esok harinya, dirinya harus langsung mengikuti rangkaian perlombaan sampai hari Minggu (19/6/2022).

Namun, usahanya terbayarkan karena berhasil keluar menjadi juara. Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya.

"Rasa capeknya tentu terbayarkan karena berhasil pulang membawa beberapa piala," ujarnya seperti dikutip dari laman UNS.

"Selain juara 2 kelas F1, kami juga berhasil meraih juara 2 tim membawa nama EuroStar Racing Team bersama Ayah dan Adikku,” ujar Qanita.

Baca juga: 10 Prodi Saintek dan Soshum Terketat di UNS pada SBMPTN 2022

Jadi satu-satunya sepasang peserta wanita

Selain itu, Qanita dan kakaknya juga mendapatkan apresiasi sebagai satu-satunya sepasang peserta wanita di perlombaan tersebut. Ia pun turut bersyukur dapat terjun ke dalam dunia balap rally ini.

"Alhamdulillah, aku salah satu orang yang sangat beruntung karena bisa mendapatkan kesempatan untuk terjun di dunia balap. Karena memang nggak banyak orang bisa mendapat kesempatan yang sama," imbuh Qanita.

Ternyata, dia baru terjun di dunia balap rally pada 2020. Kala itu ia menjadi navigator ayahnya. Kemudian pada akhir 2021, Qanita mulai turun sebagai driver dan kakaknya menjadi navigatornya.

Ia berharap, capaian ini akan terus dikembangkan. Sebab ia akan terus mengikuti ajang balap rally.

Baca juga: Ini Nama-nama Pemenang Duta Kampus UNS 2022

"Aku juga akan lebih sering berlatih supaya kemampuan menyetirku lebih baik lagi," tandas Qanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com