Kompas.com - 07/07/2022, 11:54 WIB

KOMPAS.com - Gaya kepemimpinan Elon Musk kian disoroti masyarakat dunia setelah dirinya dinobatkan sebagai Person of the Year versi majalah Time pada Tahun 2021.

Elon Musk pun dijuluki sebagai transformational leader, sebagaimana pemimpin inspiratif pendahulunya, Jeff Bezos dan Steve Jobs.

Platform leaders.com mengungkap, setidaknya ada tiga kemampuan kepemimpinan Elon Musk yang dinilai sukses membuat dirinya menjadi orang terkaya nomor dua di dunia versi majalah Forbes tersebut.

Baca juga: Ingin Magang di BUMN? Ini Link Pendaftaran Magang Bersertifikat 2022

Universitas Pertamina (UPER) merangkumnya dalam kegiatan workshop kepemimpinan bertajuk "LEAD UP" yang diselenggarakan pada Sabtu (04/06/2022):

1. Kemampuan Beradaptasi

Direktur SDM PT. Pertamina (Persero) Periode 2018 – 2021, Koeshartanto menjelaskan bahwa kini dunia mulai dihadapkan pada situasi yang penuh dengan perbedaan dan ketidakpastian.

Kondisi ini dinilainya dapat memengaruhi kesuksesan organisasi.

“Untuk mengelolanya, para pemimpin muda berlomba-lomba untuk menciptakan lingkungan organisasi yang setara, inklusif, dan kondusif, atau dikenal dengan istilah DEI atau Diversity, Equity and Inclusion,” paparnya dalam keterangan resmi Universitas Pertamina.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Founder Helix Lab, Hendry Ramadhan mengungkapkan penting untuk menjadi agile leader.

“Pemimpin yang lincah dan cekatan ini secara langsung akan menciptakan budaya dan keseharian organisasi yang juga dinamis terhadap perubahan,” terangnya.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 di 4 Kampus Singapura, Potongan Uang Kuliah hingga 100 Persen

Seemntara itu, Co-founder & Chief Marketing Officer dari startup teknologi transportasi, Jaramba, Erdy Suryadharma menekankan bahwa seorang pemimpin harus dapat dengan cepat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.