Kompas.com - 15/08/2022, 14:38 WIB

KOMPAS.com - Mahasiswa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dengan memperoleh 1 medali emas, 2 medali perak, 4 medali perunggu, dan 3 honorable mention di ajang International Mathematics Championship (IMC) 2022.

IMC adalah salah satu ajang internasional jenjang pendidikan tinggi Tahun 2022 di bidang penalaran. Diselenggarakan secara daring pada tanggal 1-7 Agustus 2022 lalu di Blagoevgrad, Bulgaria.

Para mahasiswa yang mewakili Indonesia merupakan medalis ajang talenta ONMIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) tahun 2021 dan telah melewati ajang kompetisi dengan menjawab soal-soal yang berasal dari bidang aljabar, analisis (nyata dan kompleks), geometri dan kombinatorik.

Baca juga: Hanya 20 dari 4.500 Kampus Indonesia Masuk Ranking Dunia, Ini Kata Kemendikbud

Dirangkum dari laman Pusat Prestasi Nasional, perolehan medali emas diraih oleh Fahreezan Sheraz Diyaldin (Universitas Gadjah Mada). Untuk medali perak diraih oleh Steven Fernaldy Tanno (Universitas Indonesia), Abdillah Ahmad (Institut Teknologi Bandung).

Selanjutnya, untuk medali perunggu diraih oleh Arief Rachman Hakim (Universitas Negeri Surabaya), Aditya Dwianto (Universitas Dipenogoro), dan Fani Haerul Anam (Universitas Gadjah Mada).
Sementara, I Komang Sadhu Gunawan (Universitas Gadjah Mada), Muhammad Husnul Khuluq (Universitas Brawijaya), dan Fevin (Universitas Sumatera Utara) meraih honorable mention.

Pencapaian ini tidak lepas dari bimbingan intensif yang diberikan oleh Pembina dan kerja keras dari seluruh delegasi.

Adapun Pembina yang telah bekerja keras membimbing delegasi adalah Siti Fatimah, S.Pd., M.Si., Ph.D (Universitas Pendidikan Indonesia), Aleams Barra, Ph.D. (Institut Teknologi Bandung), Dr. Nanang Susyanto, M.Sc. (Universitas Gadjah Mada), Dr. Darmajid (Universitas Brawijaya), Prof. Dr. Christiana Rini Indrati, M.Si. (Universitas Gadjah Mada), dan Dr. Math. Fajar Yuliawan, S.T., M.Si (Institut Teknologi Bandung).

Baca juga: Sosok William, Lulusan Terbaik, Termuda, Tercepat ITB dengan IPK 4,00

Torehan prestasi para mahasiswa Indonesia ini memperoleh apresiasi yang setinggi-tingginya oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Asep Sukmayadi.

Asep mengucapkan selamat untuk para mahasiswa dan seluruh delegasi yang telah mengikuti IMC dengan maksimal dan memperoleh hasil yang luar biasa.

"Selamat untuk adik-adik semuanya, terus upgrade diri dan berproses. Adik-adik adalah generasi emas Indonesia yang diharapkan dapat berkontribusi, menyebarkan, dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk kemajuan Indonesia,” jelas Asep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.