Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S1-S2 di Australia 2022, Senilai Rp 125 Juta Per Tahun

Kompas.com - 31/05/2022, 09:14 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ingin melanjutkan kuliah di universitas terbaik Australia, satu lagi peluang beasiswa terbuka untuk para pelajar Indonesia. Beasiswa untuk jenjang S1 dan S2 ditawarkan oleh The University of Western Australia.

Berdiri pada tahun 1911, kampus ini masuk dalam Group of Eight (Go8), yakni sekumpulan 8 universitas peringkat terbaik di Australia dan dunia yang berfokus pada penelitian.

Sebagai salah satu universitas dengan reputasi penelitian terbaik di Australia, pada tahun ini The University of Western Australia menempati peringkat 7 di Australia dan 93 dunia menurut QS World University Rankings 2022.

Lebih menariknya lagi, lulusan S1 dari The University of Western Australia menempati peringkat 2 di Australia dari segi kualitasnya dan peringkat 1 dalam kategori Graduate Prospects.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

The University of Western Australia telah melahirkan 106 Rhodes Scholars dan alumni yang sudah berkecimpung di dunia politik, sebut saja Bob Hawke selaku mantan Perdana Menteri Australia, Mahkamah Tinggi Australia, hingga Parlemen Australia.

Beberapa program jurusan yang menjadi unggulannya antara lain Agriculture and Forestry, Anatomy and Physiology, Civil and Structural Engineering, Earth and Marine Sciences, Mineral and Mining Engineering, dan Sports.

Berlokasi di pusat kota Perth, untuk menuju kampus ini dapat ditempuh dalam 5 jam penerbangan secara langsung dan memiliki perbedaan waktu hanya 1 jam dari Jakarta.

Kuliah dan kesempatan kerja di kota Perth sendiri memiliki sejumlah keunggulan, antara lain biaya hidupnya yang lebih terjangkau dibanding Sydney dan Melbourne serta peluang untuk tinggal dan bekerja di sana hingga 3 tahun melalui program Post Study Work Visa.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Cakupan beasiswa

Berbagai macam program beasiswa yang ditawarkan baik dari The University of Western Australia maupun UWA College antara lain:

1. UWA Global Excellence Scholarship berupa potongan uang kuliah hingga senilai AUD 12.000 atau sekitar Rp 125 juta per tahun untuk program kuliah S1 dan S2 (syarat dan ketentuan berlaku).

2. UWA College Scholarship berupa potongan uang kuliah senilai:

  • AUD 7.500 atau sekitar Rp 78 juta untuk program Foundation
  • AUD 8.250 atau sekitar Rp 86 juta untuk program Diploma of Commerce
  • AUD 9.000 atau sekitar 94 juta untuk program Diploma of Science

Syarat dan ketentuan beasiswa

Program beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa yang akan mendaftar kuliah S1 dan S2 di bulan Juli 2022, serta program Foundation dan Diploma untuk bulan Oktober 2022. Sangat disarankan untuk segera memproses aplikasi.

Persyaratan pendaftaran dan program beasiswa dari The University of Western Australia maupun UWA College antara lain:

1. Calon siswa internasional (bukan warga negara Australia).

2. Tidak sedang menempuh pendidikan di The University of Western Australia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com