Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan untuk Diet, Info Universitas Medan Area

Kompas.com - 31/05/2022, 06:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selain rutin berolahraga, seseorang yang ingin punya tubuh ideal juga harus menjaga pola makannya. Tentu harapannya bisa memiliki tubuh proporsional.

Namun seandainya tidak bisa menjaga pola makan sehat, justru nanti bisa menimbulkan kelebihan berat badan. Hal ini akibat terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Bagi siswa atau mahasiswa yang ingin kurus atau menjalankan diet sehat, maka harus memilih makanan diet yang baik dikonsumsi sehari-hari.

Baca juga: Seperti Ini Contoh Bahan Makanan Sehat di Instalasi Gizi RSA UGM

Tapi makanannya apa saja itu? Sebenarnya ada banyak makanan untuk diet sehat yang dapat dikonsumsi. Namun, beberapa makanan diet sehat di bawah ini bisa jadi referensi.

Dilansir dari laman Universitas Medan Area (UMA), berikut ini 5 makanan untuk diet sehat:

Makanan untuk diet

1. Apel

Buah berwarna merah atau hijau ini memang memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu usaha Anda dalam menurunkan timbangan berat badan. Dalam satu buah apel ukuran kecil atau sekitar 85 gram, hanya terkandung 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat.

Sementara serat yang terkandung di dalamnya adalah serat larut air yang ampuh membuat Anda tahan lapar lebih lama. Ini artinya, Anda bisa jadikan apel sebagai selingan untuk makanan diet sehat di sela-sela waktu makan, agar mencegah Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Makanan untuk Diet

Selain itu, apel juga punya tingkat indeks glikemik yang rendah sehingga aman bagi Anda yang memiliki diabetes, namun ingin mengendalikan berat badan.

2. Oatmeal

Makanan untuk diet berikutnya ialah Oatmeal. Ini adalah salah satu makanan diet sehat yang paling sering dikonsumsi. Bahkan oatmeal bisa dibilang sebagai makanan diet sehat yang wajib ada setiap hari dalam menu Anda.

Dalam suatu penelitian diketahui bahwa orang yang selalu sarapan dengan oatmeal, memiliki indeks massa tubuh lebih rendah ketimbang orang yang tidak sarapan sama sekali dan kelompok orang yang sarapan dengan menu lain. Hal ini terjadi karena oatmeal termasuk makanan yang mengandung serat tinggi dan nilai indeks glikemik yang rendah.

Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga membuat Anda tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas.

3. Brokoli

Selain itu, brokoli juga bisa sebagai salah satu makanan diet sehat. Hal ini karena brokoli rendah kalori namun kaya akan vitamin, serat, serta mineral.

Baca juga: 5 Tips Diet Sehat dari Universitas Medan Area

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com