Kompas.com - 31/05/2022, 06:07 WIB
|

KOMPAS.com - Manusia tidak bisa hidup sendiri. Tentu membutuhkan bantuan orang lain. Selain itu juga harus berinteraksi dengan sesama atau kelompok sosial.

Jika tidak berinteraksi, seseorang bisa mengalami stres. Sebab, seseorang juga harus memenuhi kebutuhan diri. Maka, semua butuh interaksi dengan kelompok sosial.

Bagi siswa, apakah sudah paham apa itu kelompok sosial? Kenapa manusia butuh interaksi dengan kempok sosial? Dilansir dari laman Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud Ristek, ini penjelasannya.

Baca juga: Ini Pengertian, Manfaat dan Fungsi Atmosfer yang Harus Dipahami Siswa

Kelompok sosial adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai hubungan dan saling berinteraksi satu sama lain, memiliki harapan dan tujuan yang sama, serta mempunyai kesadaran diri sebagai anggota kelompok yang diakui pihak luar.

Tentu, terbentuknya suatu kelompok sosial itu karena adanya naluri manusia yang selalu ingin hidup dengan orang lain untuk hidup bersama.

Ini tipe tipe kelompok sosial

Adapun kelompok sosial dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut atau dasar kriteria atau ukuran:

1. Besar kecilnya jumlah anggota

2. Derajat interaksi sosial

3. Kepentingan dan wilayah

4. Berlangsungnya suatu kepentingan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.