Kompas.com - 15/08/2022, 13:47 WIB
|

KOMPAS.com - Meski sudah turun, harga minyak goreng terbilang masih tinggi. Karena itu, masih banyak pelaku usaha yang mengalami kendala.

Untuk itulah tim Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Masyarakat (KKN Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan sosialisasi hingga pendampingan pada pelaku UMKM di Kelurahan Keputih, Surabaya.

Adapun sosialisasi yang dilakukan ialah tentang proses penjernihan minyak goreng. Dipilihnya minyak goreng karena masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang menggunakan minyak secara berulang-ulang.

Baca juga: Beton Geopolimer Ramah Lingkungan Ini Buatan Mahasiswa ITS

Bahkan cenderung dilakukan pada suhu tinggi. Padahal, minyak yang digunakan secara berulang-ulang bisa mengganggu kesehatan.

"Hal ini berpotensi menimbulkan penyakit kanker, hipertensi, stroke, hingga jantung koroner," ujar Dr. Afifah Rosyidah, MSi., selaku ketua tim KKN Abmas ITS seperti dikutip dari laman ITS, Senin (15/8/2022).

Afifah menjelaskan terkait penggunaan minyak goreng. Yakni pada proses penggorengan pertama, minyak mengandung asam lemak tidak jenuh yang cukup tinggi.

Pada penggorengan berikutnya, asam lemak jenuh pada minyak akan meningkat. Tak hanya itu, jika proses pemanasan minyak dilakukan pada suhu tertentu, maka akan terjadi pemutusan sebagian ikatan rangkap (tidak jenuh) menjadi ikatan tunggal (jenuh).

Apalagi jika minyak goreng yang digunakan lebih dari empat kali akan mengalami oksidasi dan membentuk gugus peroksida, asam lemak trans, serta asam lemak bebas.

Penelitian pada hewan percobaan menunjukkan bahwa gugus peroksida dalam dosis tinggi dapat merangsang terjadinya kanker usus besar.

Baca juga: Radar Jarak Jauh Pengembangan Doktor ITS Harganya Bisa Lebih Murah

"Untuk itu, kami berupaya mensintesis bahan absorben minyak yang dapat diaplikasikan sebagai penjernih minyak goreng," jelas dosen Departemen Kimia ITS tersebut.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.