Kompas.com - 30/07/2022, 21:15 WIB

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Program Studi Sastra Inggris Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) menggelar seminar "War, Peace, and Cinema" yang digelar secara hibrid pada Jumat, 29 Juli 2022.

Acara yang merupakan hasil kerja sama Unit Kemitraan dan Hubungan Internasional Ukrida dengan Felline Foundation for Cinema EU and Asia Representative Internasional Journalist (New Europe) menghadirkan Federico Grandesso (Jurnalis Internasional Bidang Film, Seni, dan Fashion).

Acara dibuka dengan sambutan Ketua Program Studi Sastra Inggris, Siegfrieda Alberti Shinta Mursita Putri yang memberikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah membuat program ini terlaksana dengan baik.

Dalam kesempatan sama, Kepala Unit Kemitraan dan Hubungan Internasional Ukrida, Athriyana S. Pattiwael dalam sambutan mengatakan, salah satu misi Unit Kemitraan dan Hubungan Internasional Ukrida adalah menciptakan dan meningkatkan international exposure and experience melalui berbagai program dan kegiatan internasional.

"A session with the Expert on War, Peace, and Cinema yang merupakan program Master Class ini tidak dapat terlaksana tanpa kerjasama dan sambutan positif dari universitas mitra Ukrida dan Fellini Foundation," ungkap Athriyana.

Ia menyampaikan, dibutuhkan waktu tiga bulan untuk diskusi awal dan persiapan untuk merealisasikan acara, dan diharapkan yang akan datang dapat menyelenggarakan program yang sama dengan topik "Journalism, Photography, and Cinema".

Program ini mendapat sambutan positif dari sejumlah universitas mitra Ukrida baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, di antaranya; Universitas Muria Kudus (Kudus), Universitas Sanata Dharma (Yogyakarta), Universitas Stikubank (Semarang), Universitas Dhyana Pura (Bali), Universitas Sintuwu Maroso (Poso), Universitas Bandar Lampung (Lampung).

Sementara mitra luar negeri yang ikut berpartisipasi antara lain Dong A University (Vietnam), Daffodil International University (Bangladesh), dan Eastern Samar State University (Filipina).

Baca juga: Daftar Prodi Terketat S1 dan D4 Jalur Mandiri UGM 2022

Dalam sesi sharing dimoderatori oleh Emanuella Christine Natalia, Federico Grandesso menjelaskan bagaimana film-film mengekspos kerusakan yang ditimbulkan dari perang di masa lampau dan perannya dalam mengkampanyekan perdamaian dunia.

Federico Grandesso fokus pada beberapa film yang sangat spesial. Film pertama merupakan film Charlie Chaplin berjudul "The Great Dictator" yang memiliki pesan yang sangat kuat mengenai topik ini, lalu lainnya ada "Full Metal Jacket" dan "Life Is Beautiful/La vita è bella".

Selain itu, pada webinar ini membahas juga mengenai peperangan yang sedang terjadi di Ukraina yang sudah dimulai sejak 2014 dan dampak peperangan tersebut pada warganya.

Sebelum webinar berakhir dilakukan diskusi yang sangat interaktif mengenai peran sastra, generasi muda, dan sinema dalam ikut membangun perdamaian.

Sebagai penutup peserta diajak untuk menyaksikan film dokumenter berjudul Mariupolis, karya sutradara yang terbunuh akibat peperangan di Ukraina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.