Kompas.com - 10/07/2022, 16:07 WIB
|

KOMPAS.com - Percaya diri menjadi sesuatu yang penting dimiliki generasi muda. Jika kamu merasa percaya diri, kamu akan tetap tenang dalam menghadapi berbagai kondisi.

Misalnya saat harus melakukan presentasi di depan kelas atau bertemu orang-orang baru. Bahkan percaya diri ini juga sangat menunjang saat memasuki dunia kerja.

Meski percaya diri sangat penting dimiliki generasi muda, namun masih ada anak muda yang kadang merasa kurang percaya diri saat harus tampil di depan umum.

Rasa kurang percaya diri ini juga bisa muncul saat harus bersosialisasi dengan orang baru, membuka suatu obrolan, melakukan public speaking atau merasa tidak percaya diri saat mengekspresikan karya sendiri.

Baca juga: Franka Makarim Sebut Keluarga Berperan dalam Pembentukan Karakter Anak

Tips membangun rasa percaya diri

Melansir laman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, Minggu (10/7/2022) ada beberapa tips yang bisa diterapkan mahasiswa untuk membangun rasa percaya diri.

1. Coba bersosalisasi

Agar kamu lebih percaya diri, coba dulu langkah sederhana dengan keluar rumah dan mulai bersosialisasi. Meski ini berbeda dengan kebiasaanmu sehari-hari, tapi dengan mencoba bersosialisasi kamu bisa bertemu dengan orang baru.

Bahkan kamu juga bisa mengikuti organisasi pemuda di lingkunganmu atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampusmu.

Dengan bersosialisasi, kamu bisa berbagi cerita dan tidak menutup kemungkinan juga bisa mendapatkan berbagai pengalaman baru.

2. Membaca buku

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.