Kompas.com - 10/07/2022, 12:47 WIB
|

KOMPAS.com - Beberapa daerah siap memulai tahun ajaran baru 2022/2023. Tentu siswa, orangtua maupun sekolah harus bersiap diri.

Terlebih bagi anak usia dini yang akan masuk ke Sekolah Dasar (SD). Maka, akan ada transisi bagi anak tersebut untuk sekolah di jenjang SD.

Melansir laman Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek, dalam mempersiapkan masa transisi penyelenggaraan pendidikan anak usia dini setidaknya diperlukan adanya tiga kesiapan saat anak akan masuk SD.

Baca juga: Orangtua, Ini 9 Panduan Menyiapkan Anak Masuk SD

Persiapan masuk SD

1. Anak yang siap

Anak yang siap adalah yang mampu menyesuaikan diri atau menjalankan transisi dengan lancar terhadap proses belajar yang lebih terstruktur ketika memasuki sekolah dasar.

2. Orang tua yang siap

Orang tua juga harus siap mendampingi, mempelajari, dan mendukung tahapan perkembangan sang anak karena orang tua lebih banyak berada di sisi anak.

3. Sekolah yang siap

Satuan pendidikan PAUD memiliki tugas mempersiapkan anak siap bersekolah di jenjang SD. Sekolah dan orang tua perlu berjalan berdampingan dalam mendidik anak dengan komunikasi dan kerja sama yang selaras.

Untuk itulah persiapan juga harus dimulai dari PAUD. Hal tersebut berkaitan erat dengan lingkungan anak yang dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.