Kompas.com - 10/07/2022, 12:17 WIB
|

KOMPAS.com - Sejak kecil, kita sudah diajarkan untuk rajin menabung. Dengan menabung, maka dana yang terkumpul bisa digunakan untuk sesuatu di masa akan datang.

Tetapi, saat ini ada istilah generasi sandwitch. Generasi sandwich adalah kondisi ketika generasi muda (orang dewasa) harus membiayai dua generasi lainnya yaitu anak-anak dan generasi tua, disamping tentunya membiayai dirinya sendiri.

Artinya generasi muda tersebut selain membiayai diri sendiri dan pasangannya, juga membiayai anak-anaknya serta orang tua atau mertuanya.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Lho Manfaat Menabung Sejak Dini

Dengan demikian generasi sandwich memiliki beban finansial yang lebih besar dari pada generasi muda pada umumnya yang hanya membiayai diri sendiri dan keluarga intinya.

Terkait hal itu, Dr. Istiqlaliyah Muflikhati selaku Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (IKK Fema) IPB University memberikan penjelasan.

Menurutnya, jika berada dalam posisi ini, hal yang terpenting adalah adanya perencanaan dalam pengelolaan keuangan. Salah satu bentuknya adalah dengan menabung.

"Sebenarnya menjadi generasi sandwich itu dianggap beban atau tidak tergantung dari mindset kita," ujarnya dikutip dari laman IPB University, Jumat (8/7/2022).

Sebab, jika dianggap beban akan menjadi beban. Sebaliknya jika dianggap sebagai ibadah, maka akan terasa ringan atau biasa saja.

"Kalau memberi nafkah kepada anak dan istri merupakan suatu kewajiban dan nafkah yang paling utama menurut agama, maka memberi nafkah kepada orang tua, juga tidak kalah utamanya karena merupakan salah satu perwujudan bakti kepada orang tua," terangnya.

Baca juga: Dosen Unair: 6 Tips Olah dan Simpan Daging yang Benar

Tak hanya itu saja, jika anak dapat memberi nafkah kepada orang tua, maka akan memperlancar rizki. Kuncinya adalah memiliki perencanaan keuangan yang baik sejak muda.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.