Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Atasi Kolesterol Tinggi Saat Idul Adha dari Ahli Gizi Unair

Kompas.com - 09/07/2022, 11:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat Hari Raya Idul Adha, banyak umat muslim yang mengonsumsi daging sapi maupun daging kambing. Tapi, mengonsumsi olahan daging harus dibatasi.

Tentu agar kolesterol tidak tinggi. Untuk itulah penting sekali menjaga asupan makanan agar tubuh tetap sehat.

Terkait hal itu, ahli gizi dari Universitas Airlangga (Unair) Lailatul Muniroh, SKM., MKes., membagikan tips mengatasi kadar kolesterol tinggi saat Hari Raya Idul Adha.

Baca juga: Ini Tips Mengelola Buah dan Sayur dari Ahli Gizi UGM

Ia menjelaskan, konsumsi daging berlemak secara berlebihan selama Idul Adha dapat berpotensi meningkatkan kolesterol darah.

"Perlu dilakukan langkah preventif dan beberapa hal agar dapat menurunkan kolesterol setelah Idul Adha," ujar dikutip dari laman Unair, Sabtu (9/7/2022).

Tips atasi kolesterol tinggi

1. Mengonsumsi sayuran dan buah tinggi serat

Adapun tips atasi kolesterol tinggi yang pertama ialah dengan langkah preventif. Yakni dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat.

Seperti stroberi, pisang, pir, apel, jeruk, wortel, dan brokoli. Karena serat dapat melarutkan kolesterol jahat.

Usai Idul Adha, ia juga menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat. Mengkonsumsi lebih banyak sayur dari jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis yang banyak mengandung serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

"Selain itu mengonsumsi kacang-kacangan yang rendah lemak seperti almond, walnut juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat," jelasnya.

Baca juga: Ini Cara Memasak Sayuran agar Vitamin Tidak Hilang

2. Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak

Sedang langkah preventif lainnya ialah menghindari makanan lemak tinggi. Jadi, pilihlah makanan yang rendah lemak seperti:

  • ikan
  • ayam
  • daging sapi tanpa lemak
  • putih telur
  • tahu tempe dan sebagainya

"Kurangi juga mengolah makanan dengan menggoreng menggunakan minyak goreng," imbuhnya.

Usai Idul Adha, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan membatasi makanan cepat saji.

"Pilihlah minyak sehat seperti minyak zaitun untuk menggantikan mentega dan minyak goreng," jelasnya.

3. Olahraga rutin dan sarapan oatmeal

Untuk tips atasi kolesterol tinggi yang terakhir ialah dengan rutin olahraga serta sarapan oatmeal. Oatmeal kaya akan nutrisi sekaligus sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga: Dosen Unika Soegijapranata: Ini Cara Menurunkan Kolesterol

Tak hanya itu saja, oatmeal juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. "Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat," tandas Lail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com