Kompas.com - 10/07/2022, 13:42 WIB
|

KOMPAS.com - Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Franka Makarim mengatakan, keluarga merupakan pilar utama dalam pembentukan karakter anak.

Selain itu keluarga juga mengambil peranan penting dalam tumbuh kembang anak di Indonesia.

"Saya selalu yakin bahwa tidak ada mimpi yang tidak mungkin selama kita punya niat yang kuat untuk meraihnya. Selain itu, dukungan dari orangtua, keluarga, dan teman-teman juga merupakan hal yang sangat penting," ujar Franka Makarim seperti dikutip dari laman Paudpedia Kemendikbud Ristek, Minggu (10/7/2022).

Franka Makarim mengaku, sejak kecil selalu mendapat dukungan luar biasa dari keluarga besarnya. Orangtuanya juga selalu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian.

Baca juga: Unpar Buka Pendaftaran KIP Kuliah 2022, Bebas Biaya Sampai Lulus

Keluarga tanamankan nilai Pancasila

Seperti toleransi, gotong royong, mandiri dalam belajar, terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut Franka, keluarga adalah elemen pendukung yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak.

Ia berharap agar orangtua dapat memahami apa yang menjadi keinginan anak-anaknya, dan mendampingi mereka dalam suka duka meraih cita-citanya.

"Arahkan dan berikan dukungan, terutama saat anak-anak kita menghadapi kesulitan atau kegagalan," imbuh dia.

Baca juga: PT Sarana Pactindo Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1, Yuk Daftar

Franka Makarim juga berpesan kepada generasi muda agar selalu berbuat baik kepada sesama serta menghargai dan menghormati orang lain siapapun dan dimanapun. Karena tidak ada keberhasilan yang bisa dicapai sendirian.

Keluarga harus dukung keberhasilan anak

Pusat Pendidikan Karakter Kemendikbud Ristek menggagas gelar wicara gelar wicara "Tidak Ada Mimpi yang Tidak Mungkin" dengan menghadirkan narasumber dari kalangan pejabat Kemendikbud Ristek. Termasuk Franka Makarim.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.