Kompas.com - 09/07/2022, 22:32 WIB
|

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah membuka pendaftaran KIP Kuliah untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Namun tidak semua PTS menerima calon mahasiswa yang menjadi peserta KIP Kuliah. KIP Kuliah hanya bisa dipakai pada PTS yang bekerja sama dalam program ini.

Salah satu PTS di Bandung, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) membuka pendaftaran calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) bagi mahasiswa angkatan 2022.

Calon mahasiswa Unpar peserta KIP Kuliah yang telah mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus jalur PMB Unpar 2022 dianjurkan mengisi form pendaftaran melalui bit.ly/kipkunpar yang dibuka hingga 28 Juli 2022 mendatang.

Baca juga: Belajar Otodidak, Mahasiswa Unila Juara Lomba Poster Tingkat Internasional

Bebas biaya kuliah dan dapat bantuan biaya hidup

Melalui program KIP Kuliah, calon mahasiswa jenjang D3 dan S1 yang memiliki keterbatasan ekonomi dapat berkuliah di Unpar. Penerima KIP Kuliah nantinya akan terbebas dari biaya kuliah hingga memperoleh bantuan biaya hidup.

Selain Unpar, untuk mengetahui lebih lanjut universitas mana saja yang menerima KIP Kuliah, peserta didik dapat melihat pada laman https://KIP-Kuliah.kemdikbud.go.id/.

KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Selain dua hal itu, peserta KIP juga harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada program studi (prodi) dengan Akreditasi A dan B (dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C).

Baca juga: Yuk Intip 5 Alasan Banyak Fresh Graduate Pilih Bekerja di Startup

Pembiayaan KIP Kuliah 2022

Nantinya, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek akan membayarkan biaya kuliah sebesar Rp 2,4 juta per semester langsung ke perguruan tinggi.

Pembiayaan bagi peserta KIP Kuliah ini sesuai dengan masa studi normal, yakni:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.