Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Membangun Percaya Diri, Mahasiswa Yuk Coba

KOMPAS.com - Percaya diri menjadi sesuatu yang penting dimiliki generasi muda. Jika kamu merasa percaya diri, kamu akan tetap tenang dalam menghadapi berbagai kondisi.

Misalnya saat harus melakukan presentasi di depan kelas atau bertemu orang-orang baru. Bahkan percaya diri ini juga sangat menunjang saat memasuki dunia kerja.

Meski percaya diri sangat penting dimiliki generasi muda, namun masih ada anak muda yang kadang merasa kurang percaya diri saat harus tampil di depan umum.

Rasa kurang percaya diri ini juga bisa muncul saat harus bersosialisasi dengan orang baru, membuka suatu obrolan, melakukan public speaking atau merasa tidak percaya diri saat mengekspresikan karya sendiri.

Tips membangun rasa percaya diri

Melansir laman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, Minggu (10/7/2022) ada beberapa tips yang bisa diterapkan mahasiswa untuk membangun rasa percaya diri.

1. Coba bersosalisasi

Agar kamu lebih percaya diri, coba dulu langkah sederhana dengan keluar rumah dan mulai bersosialisasi. Meski ini berbeda dengan kebiasaanmu sehari-hari, tapi dengan mencoba bersosialisasi kamu bisa bertemu dengan orang baru.

Bahkan kamu juga bisa mengikuti organisasi pemuda di lingkunganmu atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampusmu.

Dengan bersosialisasi, kamu bisa berbagi cerita dan tidak menutup kemungkinan juga bisa mendapatkan berbagai pengalaman baru.

2. Membaca buku

Agar lebih percaya diri, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membaca dua buku dengan bahasan sama. Kemudian coba berbagi bersama teman yang kamu temui tentang buku yang sedang kamu baca.

3. Ajak bicara diri sendiri

Meski terdengar aneh, namun menurut psikolog berbicara dengan diri sendiri dapat melatih rasa percaya diri. Kamu bisa mencobanya dengan mulai berbicara di depan kaca. Kamu bahkan bisa memberikan pujian terhadap diri sendiri bahwa kamu spesial, kamu percaya diri, kamu bisa sukses di masa depan.

4. Tantang diri sendiri agar berani tampil di depan

Saat mengikuti perkuliahan, tentu ada saatnya kamu diminta untuk melakukan presentasi di depan kelas. Gunakan kesempatan itu untuk melatih kepercayaan diri kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mulai untuk bertanya pada saat seminar atau belajar untuk mengikuti lomba seperti Duta kampus atau Duta Fakultas.

5. Posting foto terbaik

Ada banyak orang yang bahkan untuk posting fotonya sendiri masih ragu dan malu-malu. Untuk menunjukkan rasa percaya diri, tidak ada salahnya kamu memposting fotomu tanpa mempedulikan perkataan orang lain.

Itulah 5 tips membangun percaya diri dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tips ini bisa dicoba para mahasiswa agar lebih percaya diri dan mendapatkan manfaatnya di masa yang akan datang.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/07/10/160700271/5-tips-membangun-percaya-diri-mahasiswa-yuk-coba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke