Kompas.com - 06/07/2022, 17:23 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melalui gerakan berbasis digital Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan) mengajak generasi muda (mahasiswa) peduli lingkungan untuk melakukan penanaman di kawasan Candi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng).

Setidaknya, Bakti Lingkungan Djarum Foundation akan menanam 6.500 pohon dan semak berbunga di kawasan Candi Dieng. BLDF juga akan merawat bibit tersebut hingga 6 bulan ke depan untuk memastikan pertumbuhannya optimal.

Baca juga: Dokter Unair Ungkap 7 Gejala TBC dan Tahapan Pengobatannya

Melalui kegiatan penghijauan ini, gerakan Siap Darling menciptakan ekosistem pelestarian lingkungan bersama mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan, dengan melakukan aksi penanaman secara berkelanjutan.

"Sejak diluncurkan 2019, gerakan Siap Darling telah menginisiasi sejumlah aksi positif, yaitu Candi Darling lewat penanaman pohon dan semak berbunga di berbagai situs warisan sejarah agar generasi muda berkontribusi lewat giat pelestarian lingkungan dan sekaligus mencintai situs warisan sejarah Indonesia," kata Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji di Banjarnegara, Rabu (6/7/2022).

Dia berharap gerakan menanam ini dapat menginspirasi serta melibatkan lebih banyak mahasiswa untuk lebih peduli pada lingkungan dan menjaga warisan sejarah Indonesia dalam jangka panjang.

Hingga Juni 2022, gerakan Siap Darling telah melibatkan 2.352 Darling Squad dari 295 kampus di 203 kota/kabupaten.

Program Associate BLDF, Abdurrachman Aldila menyatakan, dalam giat Candi Darling, Darling Squad terlibat aktif dalam konservasi alam dan penghijauan di berbagai situs warisan sejarah.

Djarum Foundation hijaukan 8 kawasan candi di Jawa

Saat ini, sebut dia, Djarum Foundation telah menginsiasi penanaman di 8 Kawasan candi yang tersebar di Pulau Jawa.

Baca juga: Sering Minum Kopi? Ini 5 Dampaknya Kata Pakar Kesehatan UM Surabaya

"Secara khusus dalam kegiatan di Kawasan Candi Dieng ini, kami menghijaukan seluruh area sekitar candi yang terkenal kaya akan keragaman geologi, keanekaragaman hayati, dan situs warisan sejarah," jelas dia.

Adapun aksi penghijauan di sekitar situs warisan sejarah disambut baik oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jateng.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.