Kompas.com - 06/07/2022, 17:09 WIB

KOMPAS.com - Pengelolaan sampah masih menjadi persoalan banyak pihak, termasuk lingkungan sekolah. Persoalan sampah ini juga dialami SMP Negeri 11 Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Saat belum memiliki pengelolaan sampah yang baik, Wahyu Fitroh, Kepala SMP Negeri 11 Muaro Jambi menyampaikan, SMP Negeri 11 Muaro Jambi melakukan sejumlah kebijakan guna mengatasi persolan sampah di sekolah.

Wahyu Fitroh menjelaskan, beberapa kebijakan ditempuh antara lain; mengintruksikan kepada kantin sekolah agar tidak menggunkan wadah makanan dan minuman berbahan plastik atau steromfom, serta melarang menjual makanan dengan wadah plastik,

Kepala sekolah juga mengungkapkan, pihaknya menyediakan tempat-tempat sampah sekitar kantin, selain menyediakan tempat duduk untuk makan dan jajan bagi peserta didik.

Selain itu, sekolah juga menyediakan tempat-tempat sampah pada setiap ruang kelas, menempel stiker tentang membuang sampah di tempatnya, stiker tentang pentingnya kebersihan ruang belajar dan lingkungan sekolah yang dilakukan oleh guru piket.

Pihak OSIS bahkan melakukan kegiatan rutin setiap pagi sebelum masuk ruang kelas terlebih dahulu memunggut sedikitnya tiga sampah.

Namun kehadiran sampah khususnya sampah plasik, gelas air mineral pipet serta wadah makanan siap saji selalu ada terlihat di ruang kelas dan lingkungan sekolah.

1. Gelar rapat koordinasi

 

Merespons hal itu, Kepala Sekolah mengadakan rapat koordinasi dengan guru dan OSIS untuk mengatasi sampah tersebut.

Baca juga: Siswa, Ada 3 Cara Mengolah Sampah yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Rapat Koordinasi Majelis guru mengambil kebijakan dengan pendekatan mengurangi (reduce) dan menggunakan kembali (reuse) dengan membuat aturan tentang batasan penggunaan bahan plastik pada kantin sekolah.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.