Mata Garuda Banten
Perkumpulan Alumni Beasiswa LPDP di Provinsi Banten

Perkumpulan alumni dan awardee beasiswa LPDP di Provinsi Banten. Kolaborasi cerdas menuju Indonesia emas 2045.

Aspek Penting dalam Mengajar Berpikir Kreatif

Kompas.com - 18/04/2022, 15:27 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Muhammad Hidayat, M.Ed.,B.Ed *

Berpikir kreatif merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh semua bidang profesi atau pekerjaan saat ini.

Memiliki kemampuan berpikir kreatif bisa membawa seseorang mencapai titik sukses sekaligus survive di berbagai situasi dan kondisi.

Berpikir kreatif merupakan kebutuhan semua orang demi meningkatkan kapasitas/kualitas diri sendiri hingga lingkungan sekitarnya.

Kompleksitas kehidupan manusia akhir-akhir ini tentu saja berpotensi menimbulkan berbagai masalah.

Ketidakmampuan kita menyelesaikan satu masalah bisa melahirkan satu atau lebih masalah baru dan demikian seterusnya.

Untuk itu, institusi pendidikan sebagai ruang belajar dan pengembangan kapasitas diri para peserta didik harus mengambil peran dalam menyiapkan lulusan-lulusan dengan kemampuan berpikir kreatif yang baik.

Kemampuan berpikir kreatif dipercaya mampu membuka jalan solusi dalam rangka mengatasi sebuah masalah, sekaligus mencegah agar masalah tersebut tidak terulang lagi ke kemudian hari.

Bill Lucas dan Ellen Spencer (2017) mengatakan bahwa dua aspek penting yang berkaitan langsung dengan berpikir kreatif dan telah menjadi perhatian sejumlah negara, misalnya Australia dan Singapura, dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir ini, yakni kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis.

Dua hal ini bahkan telah dimasukan ke dalam kurikulum nasional mereka sebagai aspek yang harus diajarkan oleh sekolah kepada peserta didiknya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.