Kompas.com - 18/04/2022, 14:25 WIB
|

KOMPAS.com - Bisnis digital tentu sudah menjadi hal yang umum dilakukan saat ini. Tetapi, masih banyak bisnis lain yang jarang dijumpai. Bahkan terbilang anti mainstream.

Seperti dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Dana Brata Fitriawan Kusuma yang memilih menekuni di bidang otomotif.

Ternyata, dia bertekad membuka bengkel restorasi yang berawal pada tahun 2018 ketika sedang marak trend restorasi sepeda motor retro di Jawa Barat.

Baca juga: Manfaat Olahraga bagi Lansia ala Mahasiswa FIK UNY

"Saat itu saya masih kelas 2 SMK, kelihatannya kok menarik bisnis ini," ujarnya seperti dikutip dari laman UNY, Senin (18/4/2022).

Khusus restorasi motor retro

Hingga akhirnya mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Manufaktur Fakultas Teknik UNY angkatan 2021 tersebut konsentrasi untuk membuka bengkel khusus restorasi motor retro.

Seperti Honda Astrea Series, mulai dari Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima hingga Astrea Grand dan Legenda.

Dia menjelaskan alasan memilih seri Astrea. Tentu karena ketersediaan suku cadang untuk seri motor ini masih lumayan banyak. Baik yang orisinal maupun grade di bawahnya, sehingga memudahkan untuk mengembalikan kondisi dan tampilan motor seperti keluar dari toko.

ia juga mengatakan ketertarikannya pada motor tua terutama Astrea Series adalah karena keunikannya, kemudahan perawatan dan kendaraan ini sudah familier di kalangan masyarakat.

Sehingga eksistensi Astrea series ini mudah diterima masyarakat apalagi bagi unit yang sudah direstorasi.

Baca juga: Di IIMS 2022, Mobil Listrik UNY Sabet 3 Penghargaan

Menurutnya perbedaan antara kendaraan yang sudah direstorasi dengan yang belum adalah penampilan motor yang kembali segar seperti keluar dari pabrik.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.