Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di IIMS 2022, Mobil Listrik UNY Sabet 3 Penghargaan

Kompas.com - 11/04/2022, 09:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat mengikuti Kejuaraan Formula Electric Student Championship (FESC) Indonesia International Motor Show (IIMS), mobil listrik dari tim Garuda EV-22 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menyabet gelar juara.

Tak tanggung-tanggung, tim UNY itu dapat tiga penghargaan pada kategori Juara Umum, Juara 1 Kategori Skidpad dan Juara 1 Kategori Endurance. Adapun acara berlangsung pada 30 Maret - 10 April 2022 di Jakarta.

Menurut Manager Tim Kesit Bayu Purnomo, FESC IIMS 2022 merupakan kompetisi on track pertama yang diikuti tim UNY. Selain itu, timnya juga harus menentukan strategi yang tepat untuk meraih target juara umum.

Baca juga: Mobil Balap Listrik UNY Siap Tampil di IIMS, Punya Keunggulan Ini

"Proses yang dilakukan tim meliputi persiapan, riset, manufaktur dan latihan driver yang dilakukan selama tiga bulan," ujarnya dikutip dari laman UNY, Minggu (10/4/2022).

Dijelaskan, Endurance yang menjadi raihan juara UNY didapat dari penggunaan baterai berkapasitas 72V/64Ah yang dapat dipakai menempuh jarak 50 km dengan speed maksimal 80 km/jam.

Casing pada Battery Pack ini dirancang agar baterai litium didalam nya antar satu sama lain memiliki jarak untuk menjaga suhu baterai tidak mengalami overheat.

Selain itu untuk menjaga suhu Battery Pack, setiap sel baterai dilapisi dengan plat aluminium untuk mempercepat perpindahan panas yang dihasilkan oleh baterai tersebut.

Sementara driver tim Garuda, Sultantyo Djatinegoro mengungkapkan bahwa tantangan dalam kompetisi ini adalah kegesitan driver dan harus memiliki daya tahan tubuh kuat.

Sebab, kata dia, driver harus menyelesaikan 60 lap uji endurance dan efisiensi.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Pupuk Alami untuk Tabulampot dari Limbah Ini

"Tracknya berpasir dan basah karena hujan, oleh karena itu kami gunakan ban basah untuk mengurangi oversteer," tuturnya.

Ia menjelaskan, salah satu kunci keunggulan mobil listrik UNY adalah kemampuan drivability kendaraan yang prima dengan chassis yang sempurna, melalui uji handling dan pengereman kendaraan.

Hal ini terbukti saat mobil Garuda UNY meraih kategori skidpad terbaik dalam Student Formula Japan di Jepang beberapa waktu lalu.

Sedangkan Advisor Tim Garuda EV-22 Dr. Zaenal Arifin merasa bangga karena tim UNY akhirnya berhasil meraih target yang diinginkan yaitu juara umum.

"Harapannya tim harus lebih bersiap diri menghadapi kompetisi yang akan datang yaitu Shell Eco-marathon 2022," terang Zaenal yang juga Dosen Fakultas Teknik UNY tersebut.

Dikatakan, Garuda EV-22 memiliki dua motor listrik dipasang secara on-wheel di kedua roda belakang. Kedua motor listrik tersebut dikendalikan oleh controller khususnya ketika kendaraan sedang cornering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com