Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2022, 22:08 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, digitalisasi dalam hal apapun tentu mengubah kebutuhan tenaga kerja.

Para tenaga kerja yang dibutuhkan saat ini, adalah tenaga kerja yang paham dunia digital dan memiliki dasar pendidikan yang linier.

Salah satunya, kebutuhan tenaga kerja yang mengerti sistem informasi. Ilmu sistem informasi dapat diartikan sebagai suatu sistem yang mengintegrasikan aktivitas manusia dengan penggunaan teknologi dalam mendukung manajemen dan kegiatan operasional.

Hal tersebut berkaitan pada terciptanya sebuah hubungan antara manusia, informasi, data, teknologi, dan algoritmanya.

Bagi kamu yang sedang atau akan melanjutkan kuliah di bidang sistem informasi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu prospek kerja apa saja yang sesuai setelah kamu lulus nanti.

Baca juga: Peluang Gaji Tinggi, Ini Prospek Kerja Lulusan Prodi Pertambangan

Bahkan apabila kamu sudah lulus dan memiliki kemampuan dalam bidang ini, kamu perlu mengetahui pula apa saja peluang kerjanya. Dilansir dari laman Universitas Ciputra, berikut ini 2 pilihan penting yang dapat kamu pertimbangkan dalam memilih peluang kerja sistem informasi.

Memanfaatkan peluang kerja di bidang sistem informasi

Pilihan pertama ini merujuk bahwa kamu dapat mendapatkan pekerjaan dengan memanfaatkan berbagai peluang kerja yang sudah ada atau sudah diciptakan oleh orang lain.

Para lulusan bidang Sistem Informasi mempunyai peluang kerja yang sangat besar dengan jenis serta jenjang karir yang sangat bervariasi.

Lulusan Sistem Informasi banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan, dan berperan untuk mengembangkan sebuah sistem perantara antara programmer dengan pengguna.

Rata-rata gaji awal lulusan Sistem Informasi yang bekerja di suatu perusahaan yaitu mencapai kisaran Rp 5 juta. Tetapi, besaran gaji tersebut dikembalikan lagi kepada kemampuan yang dimiliki dan lokasi perusahaan. Berikut ini beberapa referensi jabatan pekerjaan bidang sistem informasi yang dapat kamu manfaatkan:

System manager

  • Bertugas sebagai seorang koordinator, perencana serta mengarahkan jenis teknologi yang apa yang dapat digunakan dan sesuai dengan aktivitas perusahaan.

Information security analyst

  • Bertugas sebagai pengembang sistem keamanan untuk memproteksi jaringan dan sistem perusahaan.

IT support

  • Bertugas sebagai penyedia tenaga teknis IT bagi perusahaan, biasanya bersifat fleksibel dan merupakan bidang pekerjaan yang cukup umum di bidang IT.

Menciptakan peluang kerja sendiri

Lulusan sistem informasi, juga bisa menciptakan peluang kerja atau lapangan kerja sendiri. Hal ini menjadi sebuah pencapaian serta kesempatan terbaik yang dapat kamu lakukan.

Kamu dapat menciptakan sebuah lapangan pekerjaan baru bagi dirimu sendiri dan memberikan kesempatan pekerjaan bagi orang lain.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Kedokteran Gigi, Tak Hanya Bekerja di Rumah Sakit

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi peluang kerja bidang sistem informasi yang dapat kamu ciptakan:

Web developer

  • Kamu dapat menjadi seorang Web Developer secara pribadi dengan membuat program atau sistem pada sebuah website yang kamu miliki.
  • Kamu dapat mengelola dari awal hingga website tersebut dapat mempunyai tampilan yang menarik dan dapat menjalankan fungsinya untuk menghasilkan sebuah keuntungan.

Software developer

  • Kamu dapat menciptakan sebuah software aplikasi sendiri dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu dapat memulainya dengan sebuah riset pasar berkaitan dengan kebutuhan masyarakat akan suatu kecanggihan teknologi.
  • Lalu mendesain dan megimplementasikan hingga menguji software dan sistem tersebut hingga dapat digunakan oleh banyak orang.

IT Consultant

  • Kamu dapat menjadi seorang IT Consultant secara independent (tidak di bawah suatu lembaga). Nantinya, kamu bertugas membantu klien yang ingin menggunakan IT dan juga membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi struktur dan sistem IT-nya.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Buat Si Introvert, Prospek Kerjanya Tinggi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com