Kompas.com - 23/01/2022, 22:08 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, digitalisasi dalam hal apapun tentu mengubah kebutuhan tenaga kerja.

Para tenaga kerja yang dibutuhkan saat ini, adalah tenaga kerja yang paham dunia digital dan memiliki dasar pendidikan yang linier.

Salah satunya, kebutuhan tenaga kerja yang mengerti sistem informasi. Ilmu sistem informasi dapat diartikan sebagai suatu sistem yang mengintegrasikan aktivitas manusia dengan penggunaan teknologi dalam mendukung manajemen dan kegiatan operasional.

Hal tersebut berkaitan pada terciptanya sebuah hubungan antara manusia, informasi, data, teknologi, dan algoritmanya.

Bagi kamu yang sedang atau akan melanjutkan kuliah di bidang sistem informasi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu prospek kerja apa saja yang sesuai setelah kamu lulus nanti.

Baca juga: Peluang Gaji Tinggi, Ini Prospek Kerja Lulusan Prodi Pertambangan

Bahkan apabila kamu sudah lulus dan memiliki kemampuan dalam bidang ini, kamu perlu mengetahui pula apa saja peluang kerjanya. Dilansir dari laman Universitas Ciputra, berikut ini 2 pilihan penting yang dapat kamu pertimbangkan dalam memilih peluang kerja sistem informasi.

Memanfaatkan peluang kerja di bidang sistem informasi

Pilihan pertama ini merujuk bahwa kamu dapat mendapatkan pekerjaan dengan memanfaatkan berbagai peluang kerja yang sudah ada atau sudah diciptakan oleh orang lain.

Para lulusan bidang Sistem Informasi mempunyai peluang kerja yang sangat besar dengan jenis serta jenjang karir yang sangat bervariasi.

Lulusan Sistem Informasi banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan, dan berperan untuk mengembangkan sebuah sistem perantara antara programmer dengan pengguna.

Rata-rata gaji awal lulusan Sistem Informasi yang bekerja di suatu perusahaan yaitu mencapai kisaran Rp 5 juta. Tetapi, besaran gaji tersebut dikembalikan lagi kepada kemampuan yang dimiliki dan lokasi perusahaan. Berikut ini beberapa referensi jabatan pekerjaan bidang sistem informasi yang dapat kamu manfaatkan:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.