Kompas.com - 23/01/2022, 14:18 WIB
Mahasiswa UKDW Elke Santa Amesa berhasil meraih penghargaan di Indonesia Industrial Design Student Award Ke-2 (IIDSA). DOK. Humas UKDWMahasiswa UKDW Elke Santa Amesa berhasil meraih penghargaan di Indonesia Industrial Design Student Award Ke-2 (IIDSA).

KOMPAS.com - Mengenyam pendidikan di masa pandemi Covid-19 medatangkan tantangan tersendiri bagi para mahasiswa.

Namun kondisi ini tak menghentikan semangat para mahasiswa untuk terus berinovasi dan berprestasi.

Seperti mahasiswa Program Studi Desain Produk Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta Elke Santa Amesa.

Dia berhasil meraih penghargaan Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) ke-2 yang diselenggarakan Forum Program Studi Desain Produk Indonesia terafiliasi Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) di Universitas Surabaya (Ubaya).

Baca juga: Banyak Dibutuhkan, Ini Prospek Kerja Jurusan Cyber Security

Ciptakan 3D coloring puzzle

Melalui karya desain produk berjudul 3D Coloring Puzzle, Elke Santa Amesa meraih Good Design KKNI Level 6 dengan kategori Design with Educational Purpose.

Elke mengatakan, karya 3D Coloring Puzzle ini merupakan produk permainan yang bertujuan untuk memperkenalkan warna serta ciri khas bangunan dari setiap negara negara.

Saat ini terdapat dua bentuk bangunan yang dikembangkan, yaitu warung kelontong dengan tema Jepang dan tema Indonesia.

"Produk permainan edukasi ini juga dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik melalui rangkaian kegiatan bongkar pasang, mewarnai, dan dekorasi," ujar Elke Santa Amesa dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Minggu (23/1/2022).

Baca juga: Mahasiswa, Ini 6 Tips Sukses Menyusun CV Applicant Tracking System

Bisa digunakan untuk alternatif pemulihan

Selain itu, produk ini juga dapat digunakan sebagai alternatif pemulihan (healing) di kalangan anak muda untuk dapat melupakan sejenak dan menenangkan diri dari berbagai kesibukan pekerjaan.

"Kegiatan menyusun, mewarnai, dan menghias puzzle bangunan dalam permainan ini dapat memberikan ketenangan sekaligus rasa puas dari pencapaian hasil karya yang diselesaikan," terang Elke.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.