Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2022, 14:18 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Mengenyam pendidikan di masa pandemi Covid-19 medatangkan tantangan tersendiri bagi para mahasiswa.

Namun kondisi ini tak menghentikan semangat para mahasiswa untuk terus berinovasi dan berprestasi.

Seperti mahasiswa Program Studi Desain Produk Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta Elke Santa Amesa.

Dia berhasil meraih penghargaan Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) ke-2 yang diselenggarakan Forum Program Studi Desain Produk Indonesia terafiliasi Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) di Universitas Surabaya (Ubaya).

Baca juga: Banyak Dibutuhkan, Ini Prospek Kerja Jurusan Cyber Security

Ciptakan 3D coloring puzzle

Melalui karya desain produk berjudul 3D Coloring Puzzle, Elke Santa Amesa meraih Good Design KKNI Level 6 dengan kategori Design with Educational Purpose.

Elke mengatakan, karya 3D Coloring Puzzle ini merupakan produk permainan yang bertujuan untuk memperkenalkan warna serta ciri khas bangunan dari setiap negara negara.

Saat ini terdapat dua bentuk bangunan yang dikembangkan, yaitu warung kelontong dengan tema Jepang dan tema Indonesia.

"Produk permainan edukasi ini juga dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik melalui rangkaian kegiatan bongkar pasang, mewarnai, dan dekorasi," ujar Elke Santa Amesa dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Minggu (23/1/2022).

Baca juga: Mahasiswa, Ini 6 Tips Sukses Menyusun CV Applicant Tracking System

Bisa digunakan untuk alternatif pemulihan

Selain itu, produk ini juga dapat digunakan sebagai alternatif pemulihan (healing) di kalangan anak muda untuk dapat melupakan sejenak dan menenangkan diri dari berbagai kesibukan pekerjaan.

"Kegiatan menyusun, mewarnai, dan menghias puzzle bangunan dalam permainan ini dapat memberikan ketenangan sekaligus rasa puas dari pencapaian hasil karya yang diselesaikan," terang Elke.

Elke memberi nama Ka.Do sebagai merek dagang produk 3D Coloring Puzzle yang dikembangkan melalui program Wirausaha Desain Kampus Merdeka (WDKM) dalam Prodi Desain Produk UKDW.

Proses pengembangan karya desain ini dibimbing langsung oleh Winta Adhitia Guspara selaku dosen pembimbing utama dan Yehezkiel Cyndo Lumempo sebagai mentor praktisi program WDKM.

Baca juga: Referensi SNMPTN 2022, Ini Jurusan Sepi Peminat di UI, UGM dan ITB

Menurut Ketua Program Studi Desain Produk UKDW Kristian Oentoro, program WDKM merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan para mahasiswa belajar di luar kampus melalui kegiatan pengembangan kewirausahaan dengan konversi sebesar 20 SKS.

Dapatkan pengalaman belajar melalui program MBKM

Kegiatan WDKM ini juga didukung dengan bantuan pendanaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2021.

Selain Elke Santa Amesa, terdapat dua mahasiswa Prodi Desain Produk UKDW yang turut mendapat penghargaan Institutional Choice sebagai nominator IIDSA 2 yaitu Simplisius Seto Windiarto dengan karya berjudul 'Urban Toys Kearifan Lokal Indonesia' dan Viona Beryl Juhardi dengan karya berjudul 'MANDAKA: Bathroom Accessories Sets'.

Prodi Desain Produk UKDW berharap semakin banyak mahasiswa yang mengambil program MBKM sebagai bentuk pengembangan diri dan jejaring dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Baca juga: Alumnus Unhas Jadi Komisaris Termuda Bank Syariah Indonesia

Mahasiswa yang mengambil program MBKM juga akan mendapat pengalaman belajar menarik dan bermanfaat di bawah bimbingan dosen dan mentor pendamping dari mitra program MBKM.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com