Kompas.com - 22/01/2022, 19:14 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.

KOMPAS.com - Salah satu tips sukses saat mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 adalah tepat memilih jurusan kuliah.

Siswa kelas 12 harus jeli dalam menentukan jurusan kuliah. Selain sesuai dengan bakat dan minat, kamu juga harus cerdik memilih jurusan yang sesuai dengan nilai rapor yang dimiliki.

Jika punya nilai rata-rata tinggi ditambah berhasil meraih juara di berbagai perlombaan, tentu kamu memiliki peluang memilih jurusan favorit dengan keketatan tinggi.

Tetapi jika nilai rapor biasa-biasa saja, lebih baik memilih jurusan dengan persaingan aman atau yang tidak banyak diminati.

Baca juga: IDAI: Banyak Anak Dapat Vaksin Covid-19, Lebih Aman Masuk Sekolah

Merangkum dari akun Instagram Quipper Campus, Sabtu (22/1/2022), ada beberapa jurusan di Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sepi peminat pada SNMPTN 2021 silam. Mau tahu jurusan apa saja yang sepi peminat UI, UGM dan ITB di SNMPTN 2021, yuk simak bersama informasi berikut ini.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

1. Higiene Gigi: 140 peminat

2. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian: 92 peminat.

3. Geofisika: 158 peminat.

4. Arkeologi: 174 peminat

5. Sastra Perancis: 123 peminat

Baca juga: Alumnus Unhas Jadi Komisaris Termuda Bank Syariah Indonesia

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.