Kompas.com - 22/01/2022, 16:47 WIB
|

 

KOMPAS.com - Unit Kegiatan Mahasiswa Riset dan Penalaran EXIST Universitas Jambi (Unja) melakukan pendampingan pada masyarakat. UKM Unja tersebut melakukan inovasi.

Adapun UKM EXIST Unja menerapkan program Kampus Merdeka dengan Program Inovasi Desa (Pro-IDe). Pro-IDe merupakan program berbasis kemasyarakatan.

Di mana program ini bertujuan untuk mengembangkan dan memberdayakan desa yang dilakukan oleh Organisasi Kemahasiswaan UKM maupun dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Baca juga: Mahasiswa S3 ITB Teliti Rumah Majapahit Trowulan

Direktur UKM RnP EXIST Unja, Muhammad Fikram mengatakan, tujuan utama kegiatan ini untuk mewadahi mahasiswa-mahasiswi yang ingin berprestasi terutama di bidang penelitian dan kepenulisan.

Selanjutnya, UKM itu melaksanakan Program Inovasi Desa dengan membawa program utama berupa pembuatan dedak pakan ternak unggas. Desa sasaran dari tim yakni Desa Danau Kedap Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi.

Tim lain Linda Wahyuni menjelaskan, program ini merupakan upaya inovasi dan peningkatan perekonomian masyarakat melalui potensi yang ada, yakni batang pisang yang belum termanfaatkan dengan maksimal dan hama keong mas.

"Dalam upaya meningkatkan nilai ekonomis pada potensi tersebut, maka perlu dilakukan inovasi produk," ujarnya dikutip dari laman Unja, Selasa (11/1/2022).

Dalam program ini, Tim Pro-IDe bekerjasama dan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, Kelompok Tani, serta Badan Usaha Milik Desa selaku kelompok sasaran. Program ini sudah terlaksana dari Oktober-Desember 2021.

"Program terlaksana dengan baik, mulai dari sosialisasi program, pengumpulan alat dan bahan, praktik pembuatan, hingga pengemasan," katanya.

"Besar harapan kami agar nantinya program ini dapat dikembangkan dan dilakukan dalam jangka panjang, sehingga dapat membantu perekonomian di masyarakat dan menjadikan produk sebagai salah satu yang khas dari Desa Danau Kedap," imbuh Linda.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.