Kompas.com - 30/11/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi logam emas yang ditemukan di tambang. ThinkstockIlustrasi logam emas yang ditemukan di tambang.

KOMPAS.com - Jika kamu bercita-cita bekerja di dunia pertambangan, ketahui apa saja yang dipelajari di program studi (prodi) pertambangan dan prospek kerjanya.

Teknik Pertambangan sendiri adalah salah satu cabang dari disiplin ilmu teknik yang berfokus pada ilmu-ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral dan batu bara. Sumber daya mineral sendiri, contohnya antara lain emas, perak, aluminium, besi, dan sebagainya.

Dilansir dari laman Ruangguru, pada program studi Teknik Pertambangan ini, kamu akan mempelajari berbagai proses terkait pertambangan.

Proses-proses pertambangan terdiri atas kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, hingga pemasaran.

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

Di Indonesia, bahan tambang berupa logam mulia dan batu bara sangat banyak tersimpan di dalam tanah. Oleh karena itu, Indonesia banyak membutuhkan lulusan Teknik Pertambangan untuk dapat mengolah dan mengelola bahan tambang tersebut dengan baik.

Mata kuliah jurusan Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan banyak mempelajari ilmu geologi, geofisika, pengolahan mineral dan metalurgi, serta berbagai macam disiplin ilmu lain yang berkaitan dengan tambang.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan antara lain:

  • Geologi Dasar
  • Matematika Teknik
  • Fisika Teknik
  • Kristalografi dan Mineralogi
  • Komputasi Tambang
  • Teknik Eksplorasi
  • Mekanika Teknik
  • Ekonomi Mineral
  • Metalurgi Umum
  • Teknik Reservoir

Baca juga: 8 Perguruan Tinggi Kedinasan Tak Kalah Keren dari PTN, Lulus Jadi CASN

Prospek kerja jurusan Teknik Pertambangan

Kuliah di jurusan Teknik Pertambangan ini bisa jadi stepping stone kamu untuk mengenal dunia pertambangan dengan lebih menyeluruh dan berkarir di dunia pertambangan.

Lulusan Teknik Pertambangan bisa berkarir di industri tembaga, batu bara, emas, timah, besi, nikel, dan lain sebagainya.

Jurusan ini juga banyak diminati karena lulusannya memiliki prospek kerja yang menjanjikan dengan gaji besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.