Kompas.com - 18/11/2021, 16:06 WIB
Ilustrasi penyelam di Yucatan,Meksiko. PIXABAY/JHOVANI SERRALTAIlustrasi penyelam di Yucatan,Meksiko.

 

KOMPAS.com - Pernah dengar jurusan Oseanografi? Bisa jadi jurusan ini terdengar masih asing untuk sebagian calon mahasiswa. Padahal, jurusan yang merupakan cabang dari ilmu kelautan ini dinilai memiliki prospek kerja yang tinggi.

Sebagai negara maritim yang mempunyai banyak kepulauan, jurusan Oseanografi ini sangat pas bagi kamu yang ingin berkontribusi menjaga kelestarian laut Indonesia.

Tetapi, jurusan ini jelas berbeda dengan jurusan kelautan. Meski, kedua jurusan ini sama-sama berhubungan dengan laut. Jadi, apa Bedanya Jurusan Oseanografi dan Ilmu Kelautan?

Walaupun sepintas terlihat sama, ternyata keduanya sangat berbeda. Dilansir dari laman Ruangguru, Jurusan Ilmu Kelautan lebih menekankan pada pembelajaran studi ilmiah, sedangkan jurusan Oseanografi lebih kepada eksplorasi dan kondisi fisik laut.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Beda Jurusan Oseanografi dengan Ilmu Kelautan

Jurusan Oseanografi mempelajari berbagai fenomena laut yang kemudian bisa diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana.

Oseanografi juga bersifat lebih eksploratif. Kamu bisa mengamati fenomena kelautan dari segala aspek saat masuk ke jurusan ini. Mulai dari perubahan kondisi air laut, bagaimana kehidupan biota di dalamnya, atau bahkan melacak penyebab terjadinya bencana alam kelautan.

Sementara, jurusan Ilmu Kelautan sendiri lebih banyak mempelajari ilmu seperti fisika, kimia, geologi, dan biologi yang dikaitkan ke dalam berbagai aspek mengenai laut, termasuk biota dan sumber dayanya. Itulah sebabnya, jurusan ini juga dikaitkan dengan topik perikanan, sehingga saat ini lebih dikenal sebagai jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Baca juga: Telkom University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Pendidikan

Materi Kuliah Jurusan Oseanografi

Saat kamu masuk ke jurusan Oseanografi, kamu nggak melulu hanya belajar tentang teoritis atau belajar di kelas. Kamu juga akan banyak belajar di luar kelas yang akan semakin memperkaya ilmu serta pengalamanmu.

Kamu pun tidak perlu susah-susah mencari bahan pengamatan karena kondisi alam Indonesia bisa menjadi laboratorium nyata yang bisa kamu eksplorasi lebih dalam.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Prospek Kerja Besar

Berikut adalah beberapa mata kuliah di jurusan Oseanografi yang akan kamu pelajari:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.