Kompas.com - 09/11/2021, 13:17 WIB
Gaji dan prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi. DOK. Humas Universitas BSIGaji dan prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi.

KOMPAS.com - Menempuh pendidikan di perguruan tinggi memiliki peluang besar untuk kesuksesan karir Anda selanjutnya.

Akan tetapi, memilih jurusan kuliah juga penting sebagai bekal untuk terjun ke masyarakat secara langsung.

Terdapat banyak jurusan kuliah yang dapat melatih Anda menjadi pribadi yang lebih matang, tidak hanya dari sisi keahlian tetapi juga karakter. Salah satunya adalah jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom).

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi yang banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi, Prodi yang Paling Diminati

Secara garis besar, jurusan tersebut termasuk bidang studi yang mempelajari komunikasi dari berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan, komunikasi interkultural, media massa hingga seni.

Jurusan Ilmu Komunikasi juga memiliki beberapa konsentrasi seperti digital public relation, jurnalistik, televisi (TV), dan film, serta performing arts communication.

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih kuliah di jurusan ini, setidaknya calon mahasiswa memiliki kemampuan dasar, yaitu public speaking yang baik.

Melalui skill public speaking, calon mahasiswa dituntut untuk menyampaikan informasi secara efisien dan baik, sehingga para audiens dapat memahami dan menerima informasi tersebut.

Baca juga: Kelas Public Speaking Siberkreasi Batch 2 Selesai, Kemenkominfo Gelar Prosesi Kelulusan Virtual

Selain itu, memiliki skill marketing, videografi, fotografi hingga desain grafis menjadi nilai tambah yang akan berguna dalam dunia kerja nantinya.

Terlebih perkembangan media di Indonesia saat ini tergolong cepat, sehingga membuat peluang karier atau prospek kerja bagi lulusan ilmu komunikasi sangat terbuka lebar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.