Kompas.com - 25/12/2021, 17:58 WIB

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) melakukan penelitian untuk mengetahui apakah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbid Ristek memang mampu memerdekakan mahasiswa seperti tagline yang diusung.

Tim penelitian Ukrida dipimpin Lidia Sandra, Wakil Rektor I Bidang Pengembangan Akademik, Inovasi, Kerjasama dan SDM dan berlangsung selama bulan Desember 2021.

Melalui rilis resmi (24/12/2021), Lidia menjelaskan penelitian menggunakan mixed method (kuantitatif dan kualitatif) dan juga didukung systematic literature review.

Survei bertajuk "Bentuk Kegiatan Pembalajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka" melibatkan dosen dan mahasiswa, dengan total partisiapan sebanyak 745 mahasiswa.

"Penelitian ini adalah bagian dari pelaksanaan hibah penelitian pengabdian masyarakat berupa bantuan pendanaan program kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka berbasis hasil penelitian dan purwarupa PTS,” jelas Lidia Sandra.

Kepuasan mahasiswa terhadap program MBKM

Lidia menjelaskan, pertanyaan diberikan adalah seputar pengetahuan tentang MBKM, bagaimana pelaksanaan MBKM dan manfaat program MBKM yang dirasakan.

Hasilnya, responden baik dosen maupun mahasiswa memberikan tanggapan positif atas kegiatan MBKM dan melihat berbagai Bentuk Kegiatan Pembelajaran MBKM yang dilaksanakan Pemerintah telah mampu memerdekakakn mahasiswa.

Selain itu, program MBKM berdasarkan responden juga memberikan banyak tambahan kompetensi untuk siap menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian.

Sisi lain, hasil survei juga menunjukkan masih ada dosen dan mahasiswa belum mengetahui secara menyeluruh manfaat dari program MBKM.

Baca juga: Puluhan Ribu Mahasiswa Perguruan Tinggi Sudah Ikut Kampus Merdeka

 

"Kami kemudian melakukan visualisasi data dan pengolahan data kuantitatif serta kualitatif dari hasil wawancara dan focus group discussion pada mahasiswa sejak 22-23 Desember 2021 lalu," ujar Fredicia, anggota tim peneliti untuk visualisasi data.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.