Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPN Veteran Yogyakarta Kukuhkan Guru Besar Fakultas Pertanian

Kompas.com - 25/12/2021, 15:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - UPN Veteran Yogyakarta mengukuhkan Prof. M. Nurcholis sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Tanah Fakultas Pertanian.

Acara pengukuhan ini dilangsungkan dalam Sidang Terbuka Senat yang berlangsung pada Jumat (17/12/2021).

Baca juga: SKB 4 Menteri Terbaru, Januari 2022 Satuan Pendidikan Wajib Gelar PTM

Pelaksanaan pengukuhan diselenggarakan secara hybrid. Kegiatan secara luring digelar di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta, dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sedangkan secara daring lewat akun YouTube milik UPN Veteran Yogyakarta.

Selain rangkaian pengukuhan, acara juga diselingi dengan penyanyian lagu-lagu oleh paduan suara mahasiswa sebagai hiburan.

Acara pengukuhan dimulai dengan pembacaan surat keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) oleh Koordinator Bagian Kepegawaian.

Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video dan pembacaan biografi.

Pada kesempatan itu, Prof. M. Nurcholis menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul "Sumbangan Difraksi Sinar X dalam Memahami Sifat Mineralogi Tanah dan Batuan".

Baca juga: Kisah Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Raih Omset Rp 15 Juta per Bulan

"Tanah hampir menempati semua permukaan darat. Sebagian besar tanah berkembang dari bahan mineral, yaitu sekitar 98 persen. Penempatan sinar X dalam analisis mineral mulai saya pelajari saat belajar di Jepang," kata dia melansir laman UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (25/12/2021).

Pengukuhan dilakukan Ketua Senat UPN Veteran Yogyakarta Prof. Sutanto.

Dia percaya Prof. M. Nurcholis akan mamu menjalankan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab seorang guru besar dalam rangka mewujudkan visi dan misi UPN Veteran Yogyakarta.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Irhas Effendi mengatakan, Prof. M, Nurcholis merupakan guru besar yang ke-12.

Pencapaian dan prestasi ini, kata dia, patut disyukuri sebesar-besarnya.

Dengan begitu, bisa memperkuat posisi UPN Veteran Yogyakarta dalam implepentasi sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Layanan Umum (BLU) menuju reputasi nasional maupun internasional.

Baca juga: Januari 2022 Sekolah Wajib Tatap Muka Terbatas, Ini Rincian Aturannya

Guru Besar M. Nurcholis menambahkan, dirinya memiliki harapan agar UPN Veteran Yogyakarta dapat melahirkan banyak guru besar dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com