Kompas.com - 24/12/2021, 19:01 WIB
Ilustrasi kekerasan seksual. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANIlustrasi kekerasan seksual.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus menyatakan, UNS telah membentuk tim pencegahan tindak kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi.

Tim tersebut terdiri dari sejumlah mahasiswa dan dosen UNS yang berada di bawah Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga: SKB 4 Menteri Terbaru, Januari 2022 Satuan Pendidikan Wajib Gelar PTM

"Kita sudah mulai membentuk tim pencegahan adanya kekerasan seksual," ucap dia melansir laman UNS, Jumat (24/12/2021).

Harapannya, kata dia, tim tersebut dapat menindaklanjuti kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi, sehingga UNS menjadi kampus bebas tindak kekerasan seksual.

Tak hanya tindak kekerasan seksual, dia bersama jajaran sivitas akademika UNS juga berupaya untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan lainnya dengan membentuk tim pencegahan dan evaluasi.

"Bahkan beberapa minggu sebelumnya, UNS telah mendeklarasikan kampus anti kekerasan," ungkap dia.

Sementara itu, angin segar terkait tindak kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi juga diperoleh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Pasalnya, baru-baru ini Kemendikbud ristek telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan perguruan tinggi.

Peraturan tersebut merupakan tindak lanjut dari maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi.

Tak hanya di lingkungan perguruan tinggi, kasus kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan masyarakat juga semakin mengkhawatirkan.

Baca juga: Aturan SKB 4 Menteri Terbaru Terkait PTM Terbatas

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.