Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2021, 12:18 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Dari 12.900 mahasiswa peserta Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka, sekitar 11.300 mahasiswa telah menerima pencairan uang saku bulan Agustus dan September 2021 yang dicairkan bertahap sejak 21 Oktober 2021.

Bagi sekitar 1.600 mahasiswa yang belum menerima uang saku bulan Agustus dan September 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meminta para mahasiswa peserta untuk segera melengkapi informasi sebagai syarat pencairan agar dapat segera diproses.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Paristiyanti Nurwardani mengatakan bahwa ini merupakan tanggung jawab Kemendikbud Ristek agar para peserta mendapatkan uang saku.

Baca juga: Ikut Kampus Mengajar Angkatan 2, Mahasiswa Dapat Rp 1,2 Juta Per Bulan

"Agar pencairan berjalan lancar, kami betul-betul meminta tolong dan menghimbau kepada peserta MSIB yang belum menerima uang saku Agustus-September 2021 agar segera merespon dan memenuhi kelengkapan informasi yang diperlukan," paparnya seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek.

Ia menjelaskan ada beberapa sebab belum berhasil dicairkannya uang saku Agustus dan September 2021 bagi sebagian kecil peserta MSIB.

Di antaranya, sekitar 100 mahasiswa tidak punya rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) maupun Bank Syariah Indonesia (BSI) sesuai aturan yang telah disosialisasikan pada awal keikutsertaan dalam program. Lalu, sekitar 1.350 mahasiswa menginput nomor rekening yang salah dan sekitar 150 mahasiswa menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang salah.

Uang saku yang diberikan oleh negara ini tujuannya agar mahasiswa dapat fokus dan bersemangat mencari pengalaman, ilmu baru, dan kompetensi untuk berjejaring. Karena memakai anggaran negara, maka akuntabilitas informasi sebagai syarat pencairan sangatlah penting,” ujar Paristiyanti.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Bagi peserta MSIB yang masih perlu melengkapi informasi, lanjut dia, terdapat tiga saluran di mana para peserta tersebut dapat bertanya atau menginformasikan kelengkapan datanya, yaitu:

1. Alamat surat elektronik (email) resmi MSIB subpokja-micro@kemdikbud.go.id.

2. Nomor kontak mahasiswa yang menjadi penanggung jawab pada setiap perusahaan/organisasi tempat magang/studi.

3. Saluran WhatsApp resmi Ditjen Diktiristek.

Program MSIB adalah bagian dari kebijakan Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan selama satu sampai dengan dua semester, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com