Kompas.com - 30/11/2021, 22:01 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah meluncurkan program Kampus Merdeka di akhir Januari 2020. Kampus Merdeka merupakan keberlanjutan dari konsep Merdeka Belajar.

Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Baca juga: Perjalanan Kampus Merdeka sejak Diluncurkan Januari 2020

Setidaknya ada 9 kegiatan Kampus Merdeka yang bisa dijalani mahasiswa, yakni kegiatan magang di industri, pertukaran mahasiswa, dan membangun desa.

Kemudian ada mengajar di sekolah, penelitian di lembaga riset, pengembangan kewirausahaan, studi independen/proyek mandiri, proyek kemanusiaan, dan bela negara.

Dirjen Dikti Ristek, Prof. Nizam mengatakan, banyak mahasiswa dari perguruan tinggi yang antusias menjalankan Kampus Merdeka.

Di semester ini saja, ada 60 ribu mahasiswa yang sudah mengikuti program kampus Merdeka di tingkat nasional.

Sedangkan yang diselenggarakan di masing-masing perguruan tinggi, ada ratusan ribu mahasiswa yang mengikuti program Kampus Merdeka.

Dari 60 ribu mahasiswa yang mengikuti program Kampus Merdeka, mereka aktif menjalankan kegiatan atau program di Kampus Merdeka.

Target Kampus Merdeka di 2021, ada 8 ribu mahasiswa yang melaksanakan studi mandiri, 20 ribu mahasiswa ikut program Kampus Membangun Desa, dan 15 ribu mahasiswa yang magang di dunia usaha maupun industri.

Baca juga: Penelitian Perguruan Tinggi Harus Bermanfaat bagi Masyarakat Luas

Lalu ada 20 ribu peserta yang ikut pertukaran mahasiswa, 1.000 peserta ikut pertukaran mahasiswa ke luar negeri lewat Indonesia Internasional Student Mobility Awards (IISMA), dan 35 ribu mahasiswa ikut kampus mengajar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.