Evaluasi Kampus Mengajar 2021, Prof. Nizam: Berdampak Besar bagi Mahasiswa dan Siswa

Kompas.com - 24/12/2021, 15:33 WIB

KOMPAS.com - Program Kampus Mengajar angkatan kedua tahun 2021 resmi ditutup (23/12/2021). Kampus Mengajar merupakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan.

Program ini bertujuan agar mahasiswa bisa memberikan kontribusi yang nyata dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD dan SMP.

Hingga angkatan kedua tahun 2021 ini, program Kampus Mengajar telah mengantarkan 35 ribu mahasiswa untuk membantu mendidik dan mengajarkan literasi numerasi siswa SD dan SMP ke seluruh pelosok negeri.

Plt. Dirjen Dikti Ristek. Prof. Nizam dalam evaluasi program Kampus Mengajar dari kementerian ataupun lembaga survei independen, hasilnya menunjukkan program Kampus Mengajar memiliki dampak sangat besar bagi para mahasiswa.

Nizam menyebut dampak dari Kampus Mengajar tidak hanya berdampak kepada mahasiswa namun juga kepada para guru dan para siswa.

Peserta program Kampus Mengajar menginspirasi mereka untuk belajar hingga ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga dapat diharapkan terjadinya peningkatan literasi, numerasi, dan literasi digital.

“Dampak dari Kampus Mengajar ini terhadap para mahasiswa itu sangat positif, tidak hanya membawa adik-adik mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya sebagai guru, tetapi juga mengasah soft skill adik-adik sekalian di dalam nantinya menjadi guru dan mengenal dunia pendidikan secara langsung," ungkap Prof. Nizam.

"(Kampus Mengajar) juga membawa adik-adik sekalian untuk mengenali permasalahan nyata di lapangan,” tegas Prof. Nizam dalam acara penarikan peserta Kampus Mengajar angkatan kedua tahun 2021.

Baca juga: 35.000 Mahasiswa Ikut Kampus Mengajar, Kemendikbud: Berdampak Positif

Hal senada disampaikan Direktur SD Ditjen PAUD Dikdasmen Sri Wahyuningsih yang menyebut kehadiran program Kampus Mengajar hadir di tengah masa pandemi akan memberikan banyak harapan khususnya bagi jenjang pendidikan dasar dan menengah pertama.

Dalam menghadapi berbagai tantangan terutama dalam beradaptasi dengan teknologi digital, diperlukan kehadiran mahasiswa yang sangat dekat dengan perubahan teknologi dan dapat memberikan pendampingan dan memfasilitasi para guru yang memerlukan adaptasi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.