Kompas.com - 24/12/2021, 11:36 WIB
Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 1 yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan beberapa kampus lainnya di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. 
 Dok. UNYKegiatan Kampus Mengajar Angkatan 1 yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan beberapa kampus lainnya di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Kementerian Pedidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyebut hingga angkatan kedua pada tahun 2021, sebanyak 35.000 mahasiswa telah mengikuti program Kampus Mengajar.

Selama mengikuti program, mahasiswa membantu mendidik dan mengajarkan literasi numerasi siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di seluruh pelosok negeri.

Kampus Mengajar yang merupakan program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan.

Program ini bertujuan agar mahasiswa bisa memberikan kontribusi yang nyata dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD dan SMP.

Baca juga: Mahasiswa D3-S1 Butuh Biaya Kuliah? Segera Daftar Beasiswa Ini

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam menyampaikan bahwa evaluasi sudah dilakukan terhadap program Kampus Mengajar baik dari kementerian ataupun oleh lembaga survei independen.

Hasilnya menunjukkan bahwa program Kampus Mengajar memiliki dampak yang sangat besar bagi para mahasiswa.

“Dampak dari Kampus Mengajar ini terhadap para mahasiswa itu sangat positif, tidak hanya membawa adik-adik mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya sebagai guru, tetapi juga mengasah soft skill adik-adik sekalian di dalam nantinya menjadi guru dan mengenal dunia pendidikan secara langsung, juga membawa adik-adik sekalian untuk mengenali permasalahan nyata di lapangan,” ungkapnya seperti dirangkum dari laman Dikti Ristek.

Selain itu, Nizam menyebut dampak dari Kampus Mengajar tidak hanya berdampak kepada mahasiswa namun juga kepada para guru dan para siswa.

Peserta program Kampus Mengajar menginspirasi mereka untuk belajar hingga ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga dapat diharapkan terjadinya peningkatan literasi, numerasi, dan literasi digital.

Baca juga: Kemendikbud Buka Beasiswa Kuliah Merdeka Belajar, Mahasiswa Yuk Daftar

Ia berharap melalui program Kampus Mengajar dapat membawa mahasiswa untuk mengenal lebih jauh dinamika pendidikan di pelosok negeri.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.