Dukung PTM Terbatas, Jaringan IDN Luncurkan Inovasi Kartu Pelajar Elektronik

Kompas.com - 20/12/2021, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terbaru pada 29 November 2021 kemarin, sekolah-sekolah diizinkan melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka atau PTM Terbatas.

Terkait hal ini, Jaringan Infradigital (Jaringan IDN) menciptakan inovasi kartu pelajar elektronik untuk menyambut PTM Terbatas di masa pandemi.

Kartu pelajar ini memberikan kemudahan pengecekan absensi siswa secara real time tidak hanya oleh wali kelas saja, namun juga oleh orangtua siswa masing-masing.

Kartu ini dapat menginformasikan ke orangtua secara langsung apabila ada siswa yang absen/ tidak masuk, dengan catatan orangtua tersebut telah mengunduh aplikasi Pelajar.

Co-Founder dan CEO Infradigital, Ian McKenna memandang sistem absensi manual, seperti memanggil satu persatu nama siswa sudah harus ditinggalkan karena memakan banyak waktu.

Dengan demikian inisiasi kartu pelajar digital ini adalah cara praktis untuk mengotomatisasi seluruh pelacakan absensi.

“Melacak ketidakhadiran untuk ratusan atau ribuan siswa adalah proses operasional yang kompleks untuk sekolah. Ini adalah area di mana digitalisasi harus benar-benar dapat membuat peningkatan efisiensi 10 kali lipat,” ujar Ian melalui rilis resmi (18/12/2021).

Tak hanya memudahkan, Ian juga menyebutkan banyak manfaat dapat diperoleh jika sekolah menggunakan Kartu Pelajar dari Jaringan IDN ini.

“Pertama, kartu fisik ini dapat digunakan oleh siswa dari berbagai usia dan jenjang pendidikan. Kedua, pemberitahuan langsung ke ponsel orangtua bahwa anak mereka telah tiba di sekolah dengan selamat membuat pikiran mereka jadi tenang," papar Ian.

"Ketiga dan yang paling penting, administrator sekolah menghemat banyak waktu yang dapat didedikasikan untuk kegiatan pendidikan,” tambahnya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Usia 6-11 Tahun Percepat PTM Terbatas

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.