Kompas.com - 20/12/2021, 14:08 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) memperingati Dies Natalis yang ke-72 pada tahun ini, tepatnya pada 19 Desember 2021.

Dies Natalis tahun ini yang masih diperingati di tengah pandemi Covid-19 menjadi momen refleksi serta penegasan kembali komitmen UGM untuk mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan.

Baca juga: UGM Raih Peringkat 3 Kampus Berkelanjutan Terbaik

"Sebagai pelopor perguruan tinggi nasional, maka UGM harus menjadi institusi yang memimpin, terdepan, dan berinisiatif untuk memberikan manfaat," ucap Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono melansir laman UGM, Senin (20/12/2021).

Menurut Rektor, UGM dan Indonesia menghadapi berbagai tantangan lintas-sektoral dan fundamental untuk menjamin keberlanjutan bangsa dan masyarakat dunia, salah satunya disrupsi di segala bidang oleh kemunculan revolusi industri yang dipercepat oleh adanya pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung 2 tahun masih dianggap menjadi tantangan terbesar.

Ketika memasuki era pandemi Covid-19, dibutuhkan proses adaptasi baru yang cepat dan tepat karena belum pernah ada pedoman sebelumnya.

"UGM harus mampu menjalani dan memimpin perubahan dengan tetap mengukuhkan jati diri dan mengukuhkan komitmen berkontribusi untuk kemanusiaan dan pembangunan bangsa dalam memasuki Era Kenormalan Berikutnya," tegas Rektor UGM.

Rektor mengungkapkan, sesuai dengan mandat operasionalnya untuk selalu adaptif terhadap perubahan, UGM berkomitmen untuk selalu memperbarui diri dan mengembangkan diri terhadap the emerging higher education.

UGM pun berusaha beradaptasi dan bermigrasi ke cara-cara baru dengan memanfaatkan hasil teknologi di era Revolusi Industri 4.0 ini, agar mampu bekerja lebih efektif, lebih efisien, dan lebih produktif.

Baca juga: Rektor UII: Alumni Aset Berharga bagi Perguruan Tinggi

"Di usia yang ke-72, UGM berupaya membangun sinergi internal dan eksternal, bekerja bersama pemerintah dan seluruh masyarakat untuk memberikan pendidikan yang unggul bagi mahasiswanya, dan melanjutkan dharma penelitian dan pengabdian untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia serta kemajuan dan kedaulatan Indonesia," ucap Rektor.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.