Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan Unpad Dampingi Anak-anak Korban Erupsi Gunung Semeru

Kompas.com - 20/12/2021, 13:09 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Relawan gabungan Universitas Padjadjaran (Unpad) telah selesai melaksanakan misi kemanusiaan bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Senin (20/12/2021).

Selama seminggu, relawan Unpad membantu Basarnas melakukan penanganan pascabencana dan pendampingan anak-anak korban erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Mahasiswa Unej Korban Erupsi Gunung Semeru Peroleh Pembebasan UKT

Salah satu relawan Faiq Dhiya Ulhaq M mengungkapkan, relawan Unpad yang terdiri dari perwakilan organisasi Padjadjaran Nursing Corps, KSR PMI, Unit SAR Unpad, dan Unit Pencinta Alam Palawa Unpad.

Kemudian ada Atlas Medical Pioneer FK Unpad, HSE Geologi Unpad, dan BEM Kema melaksanakan giat penanganan bencana di beberapa dusun Kecamatan Candipuro, yaitu Desa Sumbermujur, Penanggal, dan Sumberwuluh.

Di tiga dusun tersebut, relawan terbagi menjadi dua tim.

Tim medis yang digawangi teman-teman AMP FK, KSR PMI, dan PNC melakukan pendistribusian logistik obat-obatan sembari melakukan cek kesehatan kepada para penyintas.

"Sementara teman-teman di Palawa, SAR, HSE dan Unpad bergabung di tim Search and Rescue Unit (SRU) 3 melakukan penyisiran di lokasi yang dicurigai masih ada korban tertimbun," ujar Faiq melansir laman Unpad.

Kendati sempat terjadi erupsi susulan pada Kamis (16/12/2021) lalu, Faiq memastikan bahwa relawan Unpad berada dalam kondisi yang aman.

"Saat erupsi (susulan) pertama terjadi, semua tim (Basarnas) ditarik mundur ke posko utama. Ketika erupsi kedua, hujan abunya sampai ke posko, tetapi alhamduillah aman," ucap alumnus Prodi Sastra Sunda Unpad tersebut.

Baca juga: Ketua Umum IKA Unair: Alumni Berperan Penting di Kancah Dunia

Proses pencarian dan evakuasi resmi ditutup di hari yang sama. Setelah itu, relawan juga melakukan asesmen terhadap sejumlah kondisi pascabencana.

Anggota luar biasa Palawa Unpad tersebut menjelaskan, dari asesmen yang dilakukan, logistik untuk para penyintas Semeru diperkirakan telah cukup untuk 1-2 bulan ke depan.

Namun, bantuan yang diperlukan bagi para penyintas saat ini adalah layanan dukungan psikososial.

"Masa tanggap bencana sudah selesai, sekarang masuk masa transisi ke rehab-rekon. Banyak relawan yang masuk di layanan dukungan psikososial itu yang perlu didorong sekarang," ucap Faiq.

Relawan Unpad sendiri sempat melakukan kegiatan pemberian layanan dukungan psikososial kepada anak-anak penyintas usia sekolah dasar di Desa Penanggal. Kegiatan yang dilakukan berupa bermain bersama, menggambar, dan mengaji bersama.

"Kolaborasi semua relawan Unpad memberikan layanan dukungan psikososial kepada mereka," ucap Faiq

Selain itu, tim HSE Geologi melakukan survei mencari titik sumber air yang bisa diserap airnya untuk selanjutnya dipasang filter RO2.

"Kita sudah menemukan titik-titik air di sumber air di hutan bambu, tetapi belum dipasangi filter," ungkap dia.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Ini Jadwal Libur Sekolah Terbaru Saat Nataru

Selanjutnya, relawan BEM telah menggali data asesmen di setiap posko utama erupsi Gunung Semeru. Selain itu, ada pula relawan yang aktif bergabung di media center BNPB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com