Kompas.com - 19/12/2021, 10:13 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Saat ini masyarakat Indonesia harus terbiasa dengan kebiasaan yang wajib dilakukan di era pandemi Covid-19.

Meski saat ini kasus positif Covid-19 cenderung melandai, namun masuknya varian Omicron di Indonesia, masyarakat diimbau tetap harus waspada dan berhati-hati jika terjadi lonjakan kasus positif.

Empat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang sistem kamera pengawas untuk menghadapi era kenormalan baru yang dinamai Intelligent Camera System for Health Protocol Detection Covid-19 (INCLUDE C-19).

Empat mahasiswa yang terlibat dalam membuat inovasi ini yakni Singgih Ardiansyah, Raul Ilma Rajasa, Arum Puspa Arianto, dan Ilham Wahyu Eko.

Baca juga: SE Sesjen Kemendikbud: Libur Nataru Tetap Ada, Tidak Boleh Ditambah

Mahasiswa ITS gagas INCLUDE C-19

Inovasi ini dibuat lantaran keempat mahasiswa ini melihat kondisi masyarakat yang mulai lengah dengan protokol kesehatan (prokes) saat berkegiatan di luar rumah.

Kondisi ini menjadi awal dan ide bagi mereka membuat inovasi yang diberi nama INCLUDE C-19.

"Bukan hanya kamera yang menangkap visualisasi, INCLUDE C-19 dihadirkan untuk berpikir secara lebih luas dalam menangani masalah yang sedang terjadi," kata Singgih seperti dikutip dari laman ITS, Sabtu (18/12/2021).

Sistem INCLUDE C-19 mempunyai kemampuan pada kameranya. Menurut Singgih, kamera INCLUDE C-19 dapat mendeteksi orang yang tidak memakai masker dan tidak menerapkan physical distancing.

Mendeteksi pelanggaran protokol kesehatan

Singgih mengungkapkan, dengan bantuan kecerdasan bantuan, informasi pelanggaran protokol kesehatan akan menghasilkan teguran yang disuarakan melalui speaker yang terhubung dengan kamera.

"Dengan teguran itu, pelanggar bisa menyadari kesalahannya dan menjalankan protokol kesehatan kembali," imbuh Singgih.

Baca juga: Tim Peneliti Unair Ajari Siswa Ponpes Buat Sabun dari Bunga Rosella

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.