Kompas.com - 18/12/2021, 09:00 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam kondisi pandemi Covid-19, masyarakat saat ini punya kebiasaan baru yakni mencuci tangan setelah beraktivtas.

Mencuci tangan sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19. Selain menggunakan sabun di air mengalir, membersihkan tangan dari virus juga bisa menggunakan hand sanitizer.

Tim peneliti Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FFUA) menemukan bahwa senyawa fenolat dapat berperan dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.

FFUA kemudian menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi terkait cara membuat sabun yang mengandung senyawa fenolat.

Baca juga: Siswa, Kenali Serba-serbi Iket Sunda dan Filosofinya

Beri pelatihan membuat sabun berbahan bunga rosella

Ketua Departemen Ilmu Kefarmasian FF Unair Juni Ekowati mengatakan, program pengabdian masyarakat ini diselenggarakan di Pondok Pesantren Qomaruddin, Bungah, Gresik, Jawa Timur.

Tidak hanya mengedukasi para santri cara pembuatan sabun, tim pengmas FFUA juga menyampaikan topik materi pendidikan dalam melaksanakan poin SDGs ketiga yaitu good health and well being.

"Terutama pada masa pandemi Covid-19, kami ingin meningkatkan kesadaran dan keterampilan generasi muda untuk bersama-sama mencegah penularan virus Covid-19," kata Juni seperti dikutip dari laman Unair, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Jurusan Arkeologi, Ini Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Salah satu upaya yang dilakukan FFUA adalah dengan melatih siswa Ponpes Qomaruddin dalam membuat sabun cuci tangan yang berbahan aktif bunga rosella. Sabun ini dibuat dalam upaya mencegah penularan virus Covid-19.

"Ponpes Qomaruddin dipilih karena merupakan mitra progam pengabdian masyarakat yang sudah terjalin sejak tahun 2013. Serta sudah meluluskan ribuan santri yang berkiprah, terutama di Jawa Timur," ungkap Juni.

Mengasah jiwa entrepreneur siswa ponpes

Saat ini, siswa di Ponpes Qomaruddin sudah menyelenggarakan pembelajaran secara luring sehingga perlu upaya yang lebih untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.
Keterampilan membuat sabun itu juga diharapkan dapat mengasah jiwa entrepreneur siswa.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.