Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Prodi Pascasarjana UNJ Raih Akreditasi Internasional AQAS

Kompas.com - 18/12/2021, 15:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Delapan prodi pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memperoleh Akreditasi Internasional AQAS (The Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programs) pada Cluster 1 atau Cluster Education Sciences. 

Sertifikat akreditasi internasional AQAS secara resmi diterima pada 16 Desember 2021 oleh Pascasarjana UNJ. Akreditasi internasional ini diperoleh setelah visitasi tim asesor AQAS yang berlangsung pada Agustus 2021 hingga November 2021.

Delapan prodi pascasarjana UNJ yang memperoleh AQAS, yaitu:

Empat Program Magister: Prodi Pendidikan Dasar, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Prodi Teknologi Pendidikan, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan). Empat Program Doktor: Prodi Pendidikan Dasar, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Prodi Teknologi Pendidikan, Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Terdapat tujuh Indikator dinilai dalam asesmen akreditasi internasional AQAS ke beberapa program studi Pascasarjana UNJ yang meliputi, 1) Kualitas Kurikulum; 2) Penjaminan Mutu; 3) Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian Siswa; 4) Penerimaan Mahasiswa, Perkembangan studi, Rekognisi dan Sertifikasi; 5) Staf Pengajar; 6) Sumber Pembelajaran dan Dukungan Mahasiswa; dan 7) Informasi Publik.

Dengan pemerolehan sertifikat akreditasi internasional AQAS, tentunya ini menjadi Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) dalam upaya menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi di mata publik internasional.

Menuju universitas bertaraf internasional

Prof. Komarudin, Rektor UNJ menyampaikan rasa senang dan bangga atas raihan delapan sertifikat akreditasi internasional pertama UNJ yang diperoleh prodi Pascasarjana UNJ.

"Semoga perolehan akreditasi internasional ini terus bergulir pada prodi lain, bukan hanya pada prodi Pascasarjana UNJ, tetapi juga pada prodi S1 dan Diploma," harap Prof. Komarudin.

Baca juga: 8 Prodi FEB Undip Raih Akreditasi Internasional FIBAA

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Pascasarjana UNJ, baik yang sekarang maupun kepemimpinan sebelumnya yang merintis proses akreditasi internasional, juga kepada para koorprodi dan tim taskforce akreditasi internasional Pascasarjana UNJ yang telah bekerja luar biasa hingga perolehan sertifikat yang sangat membanggakan ini," ungkapnya.

"Melalui perolehan akreditasi internasional ini diharapkan UNJ dapat meningkatkan kualitasnya secara berkelanjutan dan merupakan upaya dalam rangka mewujudkan UNJ sebagai universitas yang bertaraf internasional," pungkas Prof. Komarudin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com