Kompas.com - 18/12/2021, 11:07 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi menentukan tempat vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun berada di masing-masing sekolah.

Opsi tersebut dipilih guna mempermudah pelaksanaan vaksinasi maupun untuk pendataan anak penerima vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaning Astuti berharap, para tenaga kesehatan (nakes) bersama guru dan orang tua diharapkan ikut mendukung pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Kami sepakat pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilaksanakan di sekolah, kami persilakan para nakes dan guru serta orang tua juga turut membantu pelaksanaanya,” katanya, saat dikonfirmasi.

Baca juga: Psikolog Universitas Brawijaya Beri 5 Tips agar Vaksinasi Anak Lancar

Setelah kick off vaksinasi Covid-19, pada Sabtu (18/12/2021) untuk usia 6-11 tahun selesai, Pembajun berharap masing-masing kabupaten/kota segera menyiapkan diri untuk simultan melaksanakan vaksinasi anak di seluruh sekolah.

Termasuk bagi sekolah non formal atau Sekolah Luar Biasa (SLB) juga nantinya akan sama-sama diprioritaskan. Sebab menurut Pembajun, anak usia 6-11 tahun sama halnya dengan usia lansia yang termasuk kelompok rentan terpapar Covid-19.

“Bagi anak yang ikut program homeschooling silakan merapat ke Puskesmas. Dan untuk siswa-siswi SLB jangan khawatir, karena pelaksanaannya sama. Kami akan menyasar ke sana (SLB) juga,” terang Pembajun.

Baca juga: Sebanyak 75.000 Anak Usia 6-11 Tahun di Kota Malang Siap Vaksinasi

Sementara, Dinkes DIY menargetkan 1.000 anak harus tervaksin pada saat kick off berlangsung di Graha Wana Bhakti Yasa dan setelah itu pihak Dinkes akan mobile ke seluruh sekolah di DIY untuk vaksinasi Covid-19 kepada anak usia 6 sampai 11 tahun.

Dia menambahkan, data Dinkes DIY menyebut ada sekitar 303.000 anak usia 6 sampai 11 tahun yang akan menerima vaksinasi tersebut.

Pembajun mengatakan, vaksin yang akan digunakan yakni jenis Sinovac dan Coronavac. Untuk stok vaksin jenis Sinovac dia menjelaskan ketersediaannya masih cukup aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.