Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawab Kebutuhan Dokter Berkualitas, PresUniv dan Unpad Gelar Kerja sama Prodi Kedokteran

Kompas.com - 18/12/2021, 14:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - President University (PresUniv) dan Universitas Padjajaran (Unpad) melakukan penandatanganan kerja sama pada 17 Desember 2021 terkait deklarasi pembinaan dan pendampingan Fakultas Kedokteran Unpad dalam rangka pendirian Prodi Kedokteran PresUniv.

PKS ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan PresUniv dan Fakultas Kedokteran Unpad, di Jababeka Golf and Country Club, Cikarang, akhir September 2021.

Jadi, penandatanganan PKS kali ini kembali menjadi langkah maju bagi PresUniv untuk mendirikan Prodi Kedokteran.

SD Darmono, Founder Jababeka Group dan President University (PresUniv) mengungkapkan, kawasan industri Jababeka yang dibangun sejak akhir 1990-an semakin berkembang menjadi kawasan industri terpadu dan terintegrasi.

Bahkan, jelas SD Darmono, kawasan ini telah berkembang menjadi kota mandiri dengan dihuni oleh lebih dari 1 juta penduduk, yang sebagian besar di antaranya merupakan warga kelas menengah.

"Di seputar kawasan ini juga sudah ada lebih dari 20 rumah sakit. Jadi, semua fasilitas pendukung sudah tersedia. Hanya masih ada yang kurang, yakni belum tersedianya institusi pendidikan kedokteran," ungkap SD Darmono.

Penandatanganan kerja sama dilaksanakan Rektor PresUniv Prof. Jony Oktavian Haryanto dan Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Prof. Yudi Mulyana Hidayat di Cikarang, Bekasi.

Dua kausul kerja sama

Kerja sama antara PresUniv dan Unpad kali ini mencakup dua klausul, yakni dalam rangka pendirian Program Studi Kedokteran di PresUniv dan pengembangan Academic Health System (AHS) di kawasan industri Jababeka.

AHS atau sistem kesehatan akademis adalah pengorganisasian segala institusi kesehatan yang di kawasan industri Jababeka dan sekitarnya, seperti rumah sakit, institusi pendidikan kedokteran, lembaga pendidikan kesehatan, riset dan lainnya.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Kedokteran Gigi, Tak Hanya Bekerja di Rumah Sakit

 

Wujud akhir dari AHS adalah tersedianya sistem layanan kesehatan yang terintegrasi guna meningkatkan mutu layanan kesehatan ke masyarakat, serta adanya riset yang unggul dan mendukung pengembangan layanan kesehatan.

Darmono mengungkapkan PresUniv sudah lama ingin membuka pendidikan kedokteran, namun terhambat regulasi Moratorium Pendirikan Program Studi atau Fakultas Kedokteran yang sudah diterapkan sejak tahun 2016 oleh Kemenristekdikti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com