Kompas.com - 18/12/2021, 08:26 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya mencegah penularan Covid-19 terlebih menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Termasuk terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

Menindaklanjuti hal itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menerbitkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal (Sesjen) Nomor 32 Tahun 2021.

Dalam edaran tersebut, Kemendikbud Ristek menegaskan, libur semester 1 tetap dilaksanakan sesuai kalender pendidikan yang ditetapkan pemerintah daerah.

Baca juga: Siswa, Kenali Serba-serbi Iket Sunda dan Filosofinya

Sekolah tidak diperkenankan menambah waktu libur

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud Ristek, Suharti mengimbau agar satuan pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar (dikdas), dan pendidikan menengah (dikmen) tetap melakukan pembagian rapor dan libur sekolah sesuai kalender pendidikan tahun ajaran 2021/2022 yang telah ditetapkan.

Dia menegaskan, libur semester satu tetap ada. Namun, sekolah tidak diperkenankan menambah waktu libur.

"Penambahan waktu libur tidak diperbolehkan selama periode Natal tahun 2021 dan tahun baru tahun 2022 pada tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 di luar waktu libur semester dalam kalender pendidikan yang ditetapkan pemerintah daerah," ungkap Sesjen Kemendikbud Ristek Suharti seperti dikutip dari laman Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Selamat, ITS Juara THE DataPoints Social Impact Award 2021

Menurut Suharti, para pendidik dan tenaga kependidikan PAUD serta jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah tetap melaksanakan tugas kedinasan di satuan pendidikan sesuai dengan kalender pendidikan.

Maksimalkan vaksin Covid-19 

Suharti menambahkan, pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya setiap tahun menetapkan kalender pendidikan yang memuat permulaan tahun ajaran, pengaturan waktu belajar efektif dan pengaturan waktu libur.

Suharti meminta agar Pemda dapat memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.