Kompas.com - 17/12/2021, 18:20 WIB

KOMPAS.com - Seleksi mahasiswa baru semakin dekat. Sesuai timeline, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dimulai dengan menentukan kuota SNMPTN yang akan dirilis pada 28 Desember 2022.

Lalu, dilanjutkan pembuatan akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dimulai pada 4 Januari-15 Februari 2022. Sedangkan pendaftaran SNMPTN 2022 berlangsung pada 14-28 Februari 2022.

Selanjutnya, ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dimulai dengan pembuatan akun pada 14 Februari-17 Maret 2022. Hingga pelaksanaan UTBK Gelombang 1 dan gelombang 2.

Baca juga: Mahasiswa D3-S1 Butuh Biaya Kuliah? Segera Daftar Beasiswa Ini

Namun, sebelum memasuki jenjang perguruan tinggi bagi kamu yang memiliki kekurangan secara finansial, tidak perlu khawatir. Kamu bisa mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah).

KIP Kuliah sendiri, adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. KIP Kuliah, digunakan mulai jenjang SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri.

Ada persyaratan khusus bagi kamu yang ingin mencoba mendaftar KIP Kuliah. Dirangkum dari laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

Persyaratan KIP Kuliah

1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;

Baca juga: Beasiswa Kuliah S1 di Australia 2022, Mahasiswa Bisa Studi di 3 Negara

3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;

4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera;

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.